Ambon (Antara Maluku) - Jumlah siswa SMA dan sekolah sederajatnya yang mendaftarkan diri di Universitas Pattimura, Ambon, untuk tahun ajaran 2015/2016 naik hingga 26.3 persen, kata Pembantu Rektor 1 Universitas Pattimura Moh. Riadh Uluputty.

"Dari data terakhir saat pendaftaran ditutup tanggal 15 Maret, yang melamar menjadi mahasiswa di Unpatti lewat jalur SNMPTN tercatat 3.885 orang dan lewat program Bidik Misi sebanyak 141 orang" kata Uluputty, saat dihubungi Antara di Ambon, Kamis.

Menurut dia, dari 3.885 orang tersebut, yang menjadikan Unpatti sebagai pilihan pertama tercatat sebanyak 2.527 dan sebagai pilihan kedua tercatat sebanyak 1.358 orang.

Sebelumnya, Pembantu Rektor Bidang Akademik ini menjelaskan bahwa kuota untuk penerimaan Unpatti pada tahun ajaran ini ditetapkan sebanyak 4.700 orang.

Ia menjelaskan, angka tersebut bertambah dari tahun sebelumnya yang hanya 4.600 orang karena ada dua program studi tambahan.

Sehingga jumlah pendaftar Unpatti tahun ajaran 2015/2016 lewat jalur SNMPTN tentu telah melebihi target karena dari total kuota yang disediakan Unpatti, jalur SNMPTN hanya berhak mengisi 50 persen.

"Sisanya seperti ketentuan yang sudah diatur yakni SBMPTN 30 persen dan Ujian Mandiri 30 persen," jelasnya.

Universitas Pattimura Ambon sejak dua tahun lalu membuka Fakultas Kedokteran, dan hingga kini tercatat cukup banyak peminatnya.

Pewarta: Irene Renata Lekahena

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015