Ambon (Antara Maluku) - Kapolda Maluku Brigjen Polisi Murad Ismail menegaskan, memangku sebuah jabatan sebenarnya merupakan amanah sekaligus musibah bagi diri dan keluarga bila tidak dijalankan secara baik.

"Bila tidak dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab secara baik dan benar tanpa dilandasi kearifan serta kebijakan tentunya akan menjadi bencana," kata Kapolda di Ambon, Jumat.

Penjelasan tersebut disampaikan Kapolda pada acara serah terima jabatan Direktur Reskrimsus, Direktur Resnarkoba, dan Dir Lantas Polda Maluku.

Sehingga untuk menjalankan tugas dan jabatan yang diemban, diharapkan bisa menjadi orang yang selalu dapat mensyukuri nikmat dan rahmat Allah SWT.

Menurut Kapolda, mutasi jabatan merupakan momentum strategis sebagai upaya menjamin dinamika manajerial yang di dalamnya menuntut komitmen serta dedikasi guna melakukan tugas yang diamanahkan.

Sekaligus sebagai bentuk kepercayaan pimpinan Polri yang harus diimplementasikan secara profesional dan bertanggung jawab.

Apalagi jabatan direktur sebagai unsur pelaksana tugas pokok pembantu pimpinan dimana Dir Reskrimsus bertugas menyelenggarakan penyelidikan tindak pidana khusus, koordinasi, pengawasan operasional dan administrasi penyidikan PPNS sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Kemudian Dir Resnarkoba bertugas menyelenggarakan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana penyalahgunaan narkoba, termasuk penyuluhan dan pembinaan dalam rangka pencegahan dan rehabilitasi para korban.

Selanjutnya, kata Kapolda, Dir Lantas bertugas menyelenggarakan kegiatan lalu lintas yang meliputi pendidikan masyarakat, penegakan hukum, pengkajian masalah lalu lintas, serta administrasi regident pengemudi dan kendaraan bermotor.

"Karena itu kita dituntut untuk memelihara kamtibmas, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan dan pengayoman maupun pelayanan kepada masyarakat," tandasnya.

Polri juga dituntut berperan aktif dalam merespon perkembangan lingkungan strategis dengan berbagai konsekuensi dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.

Tiga pejabat teras Polda Maluku yang diserahterimakan adalah Dir Reskrimsus Kombes Pol Sulistiono digantikan Kombes pol Budi Wibowo, Dir Resnarkoba Kombes Pol M. Gagah Suseno digantikan Kombes Pol Thein Tabero dan Dir Lantas Kombes Pol Saiful Rahman diganti AKBP Abdul Syukur.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015