Ambon (Antara Maluku) - Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menerima sertifikat apresiasi penanganan pra-bencana yang diberikan oleh Disaster and Humanitarium Assistance Planner PACOM Augmentation Team US embassy, Jakarta.

Sertifikat tersebut diberikan tim dari kedutaan besar Amerika Serikat di Jakarta dan diterima Wali Kota Ambon, Selasa.

Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustaf Latuheru menyatakan sertifikat diberikan kepada Wali Kota dan sejumlah instansi di Ambon karena dinilai tanggap dalam penanganan pra bencana.

"Hasil survey menyatakan Ambon termasuk dalam kategori kota terbaik dalam penanganan pra bencana, dan paska bencana alam sehingga diberikan sertifikat," katanya.

Menurut dia, pihak kedutaan besar Amerika Serikat bekerjasama dengan Kepolisian RI beberapa waktu lalu melakukan kunjungan dan survey penanganan bencana alam di 90 kabupaten dan kota di Indonesia termasuk kota Ambon.

"Kami tidak mengetahui kedatangan tim ke Ambon, karena kedatangan mereka langsung ke SKPD terkait untuk mengambil data dan melihat langsung kondisi kota Ambon," ujarnya.

Anthony mengatakan, hasil penilaian kota Ambon dinilai baik dalam berkoordinasi, serta menyampaikan informasi sejak dini, selain itu komunikasi antara pemerintah dan masyarakat juga sangat baik.

"Penilaian lembaga di bawah Kedutaan Besar AS membuat kami sangat kaget, karena mereka memberikan penilaian yang sangat baik," katanya.

Hasil survey tersebut, lanjutnya, dilaporkan ke Wali Kota Ambon sekaligus dilakukan penyerahan sertifikat.

Selain Wali kota Ambon sertifikat juga diberikan kepada satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Ambon yakni Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD), Dinas sosial, Kesehatan, Perhubungan.

Serta instansi terkait lainnya, Palang Merah Indonesia (PMI), Basarnas, Kepolisian, dan pihak Pelabuhan, ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015