Ternate (Antara Maluku) - Pemilik lahan kawasan Bandara Emalamo, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara (Malut), akhirnya menyepakati dibukanya kembal aktivitas penerbangan dari dan ke kabupaten itu, setelah ditutup selama bertahun-tahun.

"Penantian panjang warga masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula dalam hal kepastian hukum status bandara Emalamo Sanana, kini terjawab sudah," kata Ketua Tim Asistensi Mediasi, Kombes Pol Laksana di Ternate, Sabtu.

Berbagai upaya yang ditempuh Pemkab Kepsul mulai dari pendekatan sampai pada upaya hukum akhirnya membuahkan hasil yang cukup baik, bahkan dari hasil negosiasi bersama perwakilan warga yang mengklaim sebagian lahan pacu Bandara Emalamo Sanana menghasilkan kesepakatan bersama yakni bandara Emalamo Sanana tetap akan dibuka kembali, namun proses hukum melalui pengajuan kasasi oleh pemilik lahan tetap berjalan

Dia menjelaskan, maksud dan tujuan kedatangan mereka di Kepsul melaksanakan pertemuan dengan warga masyarakat yang merasa memiliki lahan bandara Emalamo, yakni melaksanakan pengamanan dalam rangka rencana pembukaan kembali bandara Emalamo.

Sehingga, apabila dalam waktu dekat ini kedatangan personel anggota Brimob yang disiagakan di seputaran bandara Emalamo tidak lagi dipolemikkan oleh warga yang telah mengklaim pemilik lahan bandara tersebut.

"Intinya Bandara Emalamo sanana ini akan dibuka kembali selambat-lambatnya pada bulan awal bulan depan, dan apabila warga berkeinginan untuk melakukan proses hukum selanjutnya dengan melakukan kasasi itu silahkan dan kami akan mendukungnya," katanya.

Sebab, apabila pada saat kasasi yang memenangkan perkara sengketa lahan tersebut adalah warga atau kelompok yang bersangkutan maka itu artinya pemda wajib untuk melakukan ganti rugi. Untuk itu sekali lagi bandara Emalamo akan tetap dibuka sebab bandara merupakan salah satu objek vital.

Warga masyarakat, kata dia, memberikan apresiasi pada tim asistensi. Apresiasi tersebut datang dari beberapa warga masyarakat yang berada di sekitar bandara Emalamo.

Salah seorang pemilik lahan Bandara Emalamo, Syaifudin ketika dihubungi mengatakan dengan beroperasinya bandara kembali otomatis sangat membantu serta memberikan dampak positif bagi warga sekitar, untuk itu Udin mengharapkan pada Polda Malut untuk benar-benar serius untuk dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015