Ternate (Antara Maluku) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sula, Maluku Utara (Malut), berharap adanya kapal bank yang memberikan layanan perbankan di daerah itu mengingat kondisi wilayah yang merupakan kepulauan.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Kepulauan Sula, Irwan Mansur ketika dihubungi dari Ternate, Senin, mengatakan untuk memaksimalkan layanan perbankan kepada seluruh warga yang berada di pelosok desa maka perbankan diharapkan bisa menyiapkan kapal untuk melayani masyarakat di pesisir.

Irwan menyebutkan Bupati Kepulauan Sula, Ahmad Hidayat Mus juga telah mendatangi Kantor Pusat Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Jakarta guna meminta penyediaan fasilitas itu sehingga dapat memberikan pelayanan kepada seluruh warga di daerah yang sulit dijangkau.

"Bupati telah bertemu dengan Direktur Utama BRI membahas pelayanan bagi warga masyarakat di Maluku Utara khususnya yang berada di pedesaan maupun pulau-pulau yang tidak ada layanan perbankan," katanya.

Ia menyebutkan pihak BRI berjanji akan menurunkan Kapal Bank beberapa unit guna melayani daerah-daerah yang sulit dijangkau. "Saya pun telah bertemu dengan pimpinan BRI Malut membicarakan hal ini," ujarnya.

Menurut Irwan, adanya kapal bank sangat bermanfaat bagi masyarakat di Malut, terlebihnya masyarakat di daerah yang tidak ada jasa layanan perbankan.

Masyarakat yang membutuhkan layanan perbankan tidak perlu pergi jauh-jauh ke kota sebab ada kapal bank dengan fasilitas yang lengkap.

"Kami sudah bertatap muka dengan pimpinan BRI Cabang Ternate, mereka pun memberikan apresiasi dan mendukung sepenuhnya apa yang telah ditempuh Bupati Kepulauan Sula," katanya.

Menurut dia, BRI Cabang Ternate meminta pihaknya untuk membuat surat permohonan dan mereka juga siap untuk menindaklanjutinya, sebab kapal bank di Indonesia itu baru ada di daerah Pulau Seribu.

"Mudah-mudahan sistem itu juga dapat diterapkan di Malut yang dikenal dengan nama Negeri Seribu Pulau," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015