Ambon (Antara Maluku) - Pentas seni budaya nusantara merupakan rangkaian kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dam Indonesia City Expo 2015 akan dilakukan di dua lokasi.

"Pentas seni budaya nusantara akan digelar di dua lokasi yakni Lapangan Merdeka dan pusat perbelanjaan Ambon City Center (ACC) mulai 6 - 9 Mei 2015," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon, Henri Sopacua di Ambon, Selasa.

Menurut dia, pentas seni budaya nusantara akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata Arif Yahya setelah pembukaan Indonesia City Expo.

Panggung seni budaya akan diisi penampilan delegasi pemerintah kota yakni Pemkot Medan, Tarakan, Tanjung Pinang, Jakarta Pusat, Balikpapan, Magelang dan Riau pada Rabu (6/5) di Lapangan Merdeka.

Sedangkan di kawasan ACC diisi penampilan Pemkot Ambon, Bandar Lampung, Pangkal Pinang, Malang, Bontang dan Pemkot Bekasi. Hari selanjutnya akan diisi penampilan delegasi Pemkot lainnya.

Henri mengatakan, setiap Anggota APEKSI akan mengutus delegasi untuk mengisi pentas seni budaya sebagai bentuk menampilkan seni dan budaya daerah masing-masing.

"Selain menyiapkan delagasi untuk pawai budaya, setiap kota juga akan mengisi pentas seni untuk ditampilkan kepada undangan dan masyarakat yang datang di dua lokasi tersebut," ujarnya.

Kegiatan tersebut lanjutnya, dilakukan di dua lokasi untuk memudahkan masyarakat Ambon datang menyaksikan penampilan setiap kota.

"Pentas Seni tidak mungkin hanya dilakukan di Lapangan merdeka, karena masyarakat yang tinggal jauh dari pusat kota pasti akan terkendala, selain itu lokasi tersebut tidak bisa menampung seluruh masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan, berbagai persiapan acara telah dilakukan Even Organiser (EO) dengan panitia pusat dan lokal untuk Rakernas dan Indonesia City Expo yakni pawai budaya, pentas seni,ladies program dan pelaksanaan city tour.

Ladies program merupakan kegiatan pertemuan para istri Wali Kota dengan pembicara yakni menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Yohana Yembise, Pengamat Seto Mulyadi dan Yohanes Surya. Sedangkan kegiatan City tour yakni kunjungan ke objek wisata dan sejarah seluruh peserta Apeksi.

"Seluruh kegiatan berakhir Minggu (10/5) yakni penutupan Indonesia City Expo, pentas seni dan pengumuman stand terbaik ICE 2015," ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015