Ambon (Antara Maluku) - Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Ambon akan menggelar lomba lari 10 kilo meter "Mangente Ambon" pada Juli 2015.

"Lomba lari akan dibagi menjadi 10 km untuk umum dan lima km untuk pelajar dan mahasiswa. Pelaksanaan lomba telah tertuang dalam rencana kerja PASI Kota Ambon tahun 2015," kata Ketua PASI kota Ambon. Anthony Gustaf Latuheru, di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, lomba lari 10 KM merupakan upaya pembinaan dan pengembangan atlet cabang aletik di Ambon, serta mempersiapkan atlet menghadapi pra PON tahun 2015 dan PON di tahun 2016 di Kota Bandung.

Program kerja yang dihasilkan dalam rapat tahunan yakni mempersiapkan atlet menghadapi sejumlah event besar tingkat nasional Pra PON dan PON tahun 2016.

"Atlet Maluku dinilai sangat berprestasi di bidang atletik, sehingga kami perlu mempersiapkan para atlet mengikuti lomba tingkat nasional, dengan menggelar lomba lari 10 dan lima km," katanya.

Menurut Anthony, cabang oleh raga atletik merupakan salah satu cabang yang diandalkan di Maluku untuk mendulang medali pada sejumlah event daerah, nasional maupun internasional.

Hampir seluruh atlet cabang atletik Maluku berasal dari Kota Ambon, sehingga perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan melalui lomba di daerah.

"Lomba lari lima km hanya diperuntuhkan khusus untuk mencari bakat baru kita, sehingga fokus kita adalah untuk para pelajar dan mahasiswa, karena selama ini PASI Kota Ambon memang sempat mati suri, sehingga kita perlu mencari bakat lari yang baru untuk memperkuat cabang olahraga atletik," tandasnya.

Ia mengakui, pihaknya juga akan menginventarisir atlet senior yang pernah mengukir prestasi di khususnya lomba lari untuk dapat memberikan motivasi kepada para pemula, serta memberikan masukan bagi pengembangan cabang olah raga kedepan lebih baik.

"Untuk itu apa yang sudah diukir para senior ketika berjuang membawa nama Maluku untuk meraih medali pada lomba lari, perlu diterapkan kepada para junior mereka dan karena itu perlu dilakukan pembibitan atlet dari sekarang," kata Anthony.

Ditambahkannya, banyak prestasi yang telah disumbangkan para atlet di tingkat daerah di antaranya Pekan Olah raga Maluku (POPMAL) berhasil meraih 14 medali emas di cabang atletik. Target kedepan adalah meraih prestasi yang baik di PON 2016.

"Kita harus mempersiapkan para atlet dengan baik, karena atletik menjadi salah satu cabang oleha raga andalan Maluku selain cabang tinju dan lainnya," ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015