Ambon (Antara Maluku) - Pemain timnas Belanda Leroy Johan Fer melatih anak-anak Ambon teknik sepak bola di lapangan Merdeka Ambon, Kamis.

Pemain asal Belanda yang merumput di Liga Inggris bersama klub Queens Park Rangers (QPR) itu mengenakan kaos jersey biru muda dan celana biru tua saat memberikan teknik bermain bola kepada anak-anak Ambon, selama satu jam di bawah rintik hujan yang turun di lapangan utama kota Ambon itu.

Usai memberikan keterangan kepada awak media, gelandang timnas Belanda itu naik becak bersama isteri menuju lapangan merdeka untuk memberikan latihan dasar kepada anak-anak.

Anak-anak tampak antusias bermain bersama Leroy. Guyuran hujan tidak menyurutkan semangat mereka untuk berlatih.

Usai melatih anak-anak Leroy menyatakan permainan yang ditampilkan cukup baik hanya perlu diasah untuk mendapatkan hasil gemilang.

"Latihan yang rutin ditunjang infrastruktur yang memadai akan menghasilkan prestasi yang baik bagi masa depan sepak bola di Maluku," katanya.

Menurut dia, anak-anak pada dasarnya bisa bermain bola, tetapi bagaimana caranya dilatih dengan rutin untuk meraih prestasi.

"Usai Coaching Clinic ini saya berharap latihan terus ditingkatkan, selain itu diikutsertakan dalam kompetisi di tingkat lokal dan nasional, agar anak-anak terbiasa," tandasnya.

Menjawab pertanyaan media terkait kontribusi untuk sepak bola Maluku, Leroy menjawab dirinya telah melihat bakat anak Maluku dan akan membicarakan dengan pemain timnas Belanda yang memiliki hubungan darah dengan Maluku seperti Giovanni van Bronckhorst, Mark van Bommel, Denny Landzaat dan Roy Makaay .

"Sekembalinya saya akan berbicara dengan teman-teman untuk menjelajah Ambon mencari bakat pemain muda agar ke depan bisa menjadi pemain profesional," katanya.

Leroy dalam kesempatan itu juga membagikan enam sepatu, satu buah kaos, bendera KNVB dan syal miliknya kepada anak-anak yang dilatih.

Enam sepatu yang diberikan satu di antaranya merupakan sepatu yang pernah dipakai saat mengikuti kompetisi di Inggris.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015