Ambon (Antara Maluku) - Daftar tunggu calon haji (Calhaj) asal Kota Ambon sampai bulan Juli 2015 diperkirakan hingga tahun 2025 mendatang.

"Kalau dilihat dari daftar tunggu yang ada kurang lebih 3.000 orang dan dikurangi dengan kuota haji tahun 2015 maka yang sudah terdaftar terakhir akan berangkat ke tanah suci pada tahun haji 2025," kata Kasi Penyelenggara Haji dan umrah Kankemenag Kota Ambon Wahab Putuhena di Ambon, Kamis.

Daftar tunggu itu, menurut dia, juga belum bisa dipastikan sebab pengurangan jatah kuota haji Indonesia sebesar 20 persen apakah masih terus berlangsung.

"Maka, bisa saja daftar tunggu calon haji Kota Ambon akan terus bertambah bahkan bisa jadi sampai tahun 2026," ujarnya.

Ditanya soal jumlah pendaftar, dia mengatakan bahwa setiap hari ada saja warga yang datang mendaftar. Bahkan, hingga hari Kamis jumlah warga yang masuk daftar tunggu calon haji terus bertambah.

"Pokoknya tiap hari ada saja 10 hingga 12 warga muslim yang datang untuk mendaftar untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci," ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa perkiraan daftar tunggu sampai dengan 2025 itu berdasarkan hitungan Kankemenag Kota Ambon yang tiap tahun memenuhi kuota calon haji, yakni sebanyak 246 orang setelah terjadi pengurangan sejak tahun 2013, namun kalau diperhitungkan sesuai kuota sebelum terjadi pengurangan berarti sebanyak 327 orang.

"Mudah-mudahan pada musim haji 2016 sudah tidak lagi terjadi pengurangan kuota agar jatah untuk Kota Ambon kembali naik menjadi 327 orang," ujarnya.

Wahab Putuhena menambahkan, semua jemaah calon haji asal Kota Ambon yang akan berangkat menuju Tanah Suci pada tahun haji 2015 semuanya sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) kecuali 52 orang yang hingga kini masih berurusan dengan Kantor Imigrasi Kelas I Ambon guna pembuatan paspor. 

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015