Ambon (Antara Maluku) - Kecamatan sirimau meraih juara umum dalam Pekan Olahraga Kota (Porkot) Ambon II yang berlangsung pada 24 Juli - 1 Agustus 2015, dengan meraih 31 medali emas, 16 perak dan 19 medali perunggu.

Penyerahan trophi kepada juara umum dilakukan Asisten DeputiIV bidang peningkatan prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Joko Sulistyono pada acara penutupan di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu malam.

Dari sembilan cabang olah raga yang dipertandingkan Sirimau unggul dalam sejumlah cabang yakni catur, taekwondo, pencak silat, karate, dan atletik.

Porkot Ambon II memperebutkan 82 medali emas dan perak serta 149 medali perunggu untuk sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan.

Sebanyak 1.101 atlet dan official terlibat dalam kompetisi olah raga tersebut berasal dari lima kecamatan yakni Sirimau 190 atlet dan 30 official, Baguala 192 atlet dan 30 official, kecamatan Nusaniwe atlet 265 dan 22 official, Teluk Ambon sebanyak 238 dan 27 official serta Leitimur Selatan 87 atlet dan 20 official.

Sementara tim wasit dan juri yang terlibat di Porkot Ambon sebanyak 129 orang.

KONI Kota Ambon juga menetapkan rekomendasi nomor 01/REK/PORKOT AMBON/II/2015 tentang atlet terbaik pra remaja putra dan putri.

Rekomendasi tersebut mempertimbangkan beberapa hal termasuk penampilan terbaik, sportivitas, tidak mudah menyerah, muda dan berbakat.

Dua atlet dinyatakan berbakat yakni Minggel David Elake dari cabang Atletik dan Zcsalzbillah Tabah (Taekwondo).

Penutupan Porkot ditandai dengan pemukulan totobuang (alat musik khas Maluku) oleh Assisten Deputi IV, serta flash mob puluhan siswa SD - SMA Se kota Ambon dan pesta kembang api.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015