Ambon (Antara Maluku) - Ikan segar jenis momar terus membanjiri pasar ikan Arumbay di kawasan pasar tradisional Mardika, Kota Ambon, Maluku.

Pantauan Antara, Selasa, pedagang menawarkan ikan segar jenis momar Rp5.000/tumpuk (enam ekor ukuran besar), bahkan ada yang menawarkan Rp10.000/tumpuk (13 ekor).

"Kalau ibu beli dua tumpuk akan ditambah lagi dua ekor biar laris jualan saya," kata Ujang, pedagang, kepada dua orang ibu yang berbelanja di lapaknya.

Seorang pembeli, Rossa (45), seusai membeli dua tumpuk ikan momar dengan harga Rp10.000/tumpuk, mengatakan, sekarang ini ia memutuskan untuk belanja ikan karena harga sedang murah.

"Makan ikan momar dulu karena harga lagi murah apalagi ikan segar-segar, mau masak kuah atau bakar juga bisa, tergantung selera," katanya.

Menurut dia, sudah dua minggu belakangan ini ikan momar , kawalinya dan lema di pasar Ambon cukup murah harganya, kecuali ikan cakalang dan tongkol yang masih mahal, antara Rp20.000 hingga Rp30.000/ekor tergantung ukuran.

Sementara itu, harga telur ayam ras ternyata sudah mulai turun dari yang selama ini Rp1.600 menjadi Rp1.500/butir.

"Sudah dua hari harga telur ayam sudah turun, namun penjualannya kurang lancar sebab banyak masyarakat yang lebih suka membeli ikan segar jenis momar yang sekarang ini membanjiri pasar," kata Rustam.

"Situasi seperti ini sudah terbiasa, lanjutnya, nanti kalau ikan agak sulit baru masyarakat berbalik ke telur.

Sedangkan harga ayam beku yang selama ini di datangkan dari Surabaya Rp30.000/kg, daging sapi Rp85.000/kg, daging ayam kampung Rp90.000/ekor juenis pejantang dan Rp55.000/ekor untuk jenis betina tergantung ukuran.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015