Ternate, 11/8 (Antara Maluku) - Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) melaksanakan Lomba Tata Cara Upacara Sekolah (LTUS) 2015 untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia ke-70 yang dipusatkan di taman Benteng Oranje.

Ketua Panitia LTUS 2015, Syahbudin Djoisangaji di Ternate, Selasa, mengatakan, kegiatan ini bertujuan membangkitkan rasa nasionalisme dan patriolisme generasi muda dan sekaligus mengembangkan rasa cinta tanah air.

"Kita berharap dengan kegiatan ini rasa patriolisme dan cinta tanah air tidak hanya tumbuh saat 17 Agustus, namun sejak usia dini. Kita memiliki tanggungjawab untuk menggelorakan sikap nasionalisme khususnya bagi generasi muda Kota Ternate," katanya.

Menurut dia, berbagai upaya terus dilakukan pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Ternate dan salah satunya adalah Lomba Tata Cara Upacara Sekolah, yang diikuti oleh hampir 1.000 peserta dari 18 sekolah SMP dan SMA di kota itu.

Selain kegiatan seperti ini, lanjutnya, pihak PPI Kota Ternate juga melakukan pendampingan di setiap sekolah dengan membentuk Paskibra.

"Jadi ada Paskibra di tingkat sekolah, ini juga merupakan upaya kita dalam merekrut anggota Paskibraka. Harapan kita, dengan kegiatan ini, generasi muda atau pelajar di kota Ternate memahami makna nasionalisme sehingga menciptakan generasi muda kota Ternate yang cinta tanah air," katanya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Ternate, Idrus Assagaf ketika dikonfirmasi mengatakan, esensi dari kegiatan ini adalah bagaimana menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air, rasa nasionalisme dan kebersamaan yang akhir-akhir ini mulai luntur.

"Saya berharap kegiatan ini bisa berlangsung secara berkelanjutan, sehingga apa yang dicita-citakan para pejuang, dapat diwujudkan di era kemerdekaan ini," kata Wali Kota.

ia mengatakan juara bukan menjadi tujuan utama karena yang terpenting memelihara persaudaraan dan rasa memiliki Indonesia, rasa nasionalisme, rasa cinta tanah air.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015