Ambon, 16/9 (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Said Assagaff menggelar rapat bersama pimpinan TNI/Polri dan Kejaksaan untuk membahas keamanan menjelang penyelenggaraan pesta paduan Suara Gerejawi Nasional XI di Ambon serta pilkada serentak di empat kabupaten.

"Rapat koordinasi ini untuk mengkaji berbagai hal terutama menyangkut keamanan saat pelaksanaan Pesparawi nasional pada November dan pilkada serentak di empat kabupaten di Maluku pada Desember 2015," kata Gubernur Said di sela-sela rapat koordinasi tersebut di Ambon, Selasa.

Gubernur juga mengundang Bupati, Wakil Bupati maupun Sekretaris Daerah (Sekda) sembilan kabupaten dan dua kota untuk mengikuti rapat koordinasi yang dilakukan secara tertutup tersebut.

Begitu pun pilkada serentak kelompok pertama di Maluku yang akan berlangsung di empat kabupaten yakni Buru Selatan, Seram bagian Timur, Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya (MBD), Gubernur Said juga mengundang Ketua KPU Musa Toekan untuk membicarakannya berbagai persiapan yang telah dilakukan.

"Prinsipnya saya inginkan semuanya berjalan lancar dan tidak ada hambatan yang berarti, terutama kondisi keamanan harus benar-benar kondusif," katanya.

Gubernur mengakui berbagai persiapan serta langkah-langkah pengamanan dibicarakan dalam pertemuan yang dihadiri Kapolda Maluku Brigjen Pol. Murad Ismail dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI. Dony Munardo serta Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Chuck Suryosumpeno.

Khusus penyelenggaraan Pesparawi, Gubernur Said memandang, even tersebut sangat penting untuk memperkuat jati diri Maluku sebagai laboratorium kerukunan hidup umat beragama di tanah air bahkan dunia internasional.

"Sukses penyelenggaraan Pesparawi sangat penting artinya guna menunjukan harmonisasi dan kerukunan hidup antarumat beragama di daerah ini kepada seluruh masyarakat di Indonesia bahkan dunia, sehingga menjadi laboratorium kerukunan umat beragama," katanya.

Gubernur Said juga menandaskan, dirinya bersama Kapolda Murad Ismail dan Pangdam Dony Munardo juga telah bersepakat untuk bertemu para pimpinan redaksi serta wartawan di Ambon pada pekan depan, untuk menyosialisasikan berbagai persiapan Pesparawi dan Pilkada serentak yang telah dilakukan.

"Saya bersama Pangdam dan Kapolda berencana menggelar minum kopi bersama para pimpinan media dan wartawan di Ambon, minggu depan. Mudah-mudahan tidak ada halangan. Banyak hal yang ingin saya sampaikan terkait pertemuan yang telah dilakukan untuk mensukseskan Pesparawi dan Pilkada serentak," katanya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015