Ternate, 24/11 (Antara Maluku) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Ternate, memotivasi para pengelola Industri Kecil Menengah (IKM) di kota itu untuk memanfaatkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) pada 2016.

"Ternate pada 2016 dipastikan akan dikunjungi ribuan Wisman, menyusul promosi adanya gerhana matahari total, maka perlu memperkuat Forum IKM setempat ," kata Ketua Harian Dekranasda Kota Ternate, Arief Abdul Gani, di Ternate, Selasa.

Aref, yang juga Kadis Perindustrian Kota Ternate, menyakan pihaknya juga menfasilitasi pengembangan IKM yang profesional

"Kita memfasilitasi berbagai kegiatan yang mendorong peningkatan pendapatan dari para pelaku usaha. Jadi strategi pemasaran dengan barang yang dipasarkan harus memenuhi persyaratan standarisasi, teregistrasi dan tersertifikasi halal," ujarnya.

Selain itu, lanjunya, Dinas Perindustrian Ternate juga telah mempersiapkan pangsa pasar IKM, sehingga tidak hanya di Kota Ternate, tetapi di Makassar bahkan juga di Jakarta.

Sedangkan, Direktur Swalayan Tara No Ate, Khoirul Soleh Arief mengatakan, setelah dilakukan pertemuan dengan para pelaku IKM, telah bersepakat untuk memperbanyak produksi untuk dipasarkan kepada para wisatawan mancanegara.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015