Ambon, 24/11 (Antara Maluku) - Pangkalan Utama TNI AL (LANTAMAL) IX Ambon memperingati Hari Armada ke-70 dengan menggelar bakti sosial kesehatan berupa operasi gratis katarak dan bibir sumbing bagi masyarakat Maluku di Rumkital dr. F.X. Suhardjo, Halong, Selasa.

Operasi tersebut melibatkan tiga yayasan kesehatan sosial, masing-masing Yayasan Bhakti Indonesia, Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku dan Yayasan Media Group.

Komandan Lantamal IX Laksma TNI Nurhidayat mengatakan bakti sosial hendaknya dapat menjadi momentum evaluasi dan introspeksi diri, sejauh mana pengabdian TNI AL dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi anggotanya dan masyarakat luas.

Karena menurut dia, komponen kesehatan memegang peranan penting dalam mendukung operasi dan latihan guna menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas.

"Bakti sosial kali ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Armada ke-70 tahun 2015, di antaranya adalah operasi katarak dan bibir sumbing, juga pengobatan massal yang telah dilaksanakan di masyarakat," katanya.

Ketua Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku Virly Mavitasari mewakili dua yayasan lainnya mengatakan pihaknya sangat berterima kasih telah dilibatkan dalam pelaksanaan bakti sosial tersebut.

Yayasannya, kata dia, telah lama bermitra dengan LANTAMAL dalam hal pelayanan kesehatan, tapi baru pertama kalinya mendukung pelaksanaan kegiatan semacamnya di Maluku.

"Ini memberi arti penting bagi kami, karena kegiatan kepedulian ini dilaksanakan di wilayah Maluku yang kita ketahui bersama, masih memiliki banyak keterbatasan baik sarana-prasarana maupun sumber daya manusia, untuk melaksanakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya masyarakat prasejahtera," katanya.

Virly menjelaskan, guna mendukung pelaksanaan operasi bibir sumbing, Yayasan Bhakti Indonesia mendatangkan tim yang terdiri dari dokter spesialis bedah plastik, spesialis anastesi dan perawat lengkap dengan sarana operasinya.

Sedangkan Yayasan Media Group menyediakan Barang Habis Pakai untuk pelaksanaan operasi katarak oleh dokter spesialis mata Rumkital dr. F.X. Suhardjo, yakni dr. Ronie spM dibantu dr. Daniel SpM dari Ambon. 

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015