Ambon, 1/12 (Antara Maluku) - PT. Pos Cabang Ambon mengembangkan layanan penerima dan pengiriman uang melalui jasa Pos atau wesel pos "cash to account".

"Layanan pengiriman uang selain wesel instan, kita juga mengembangkan layanan wesel pos cash to account yaitu pengiriman uang tunai dari kantor pos ke rekening bank masyarakat," kata Wakil Kepala Pos Ambon, Alex Nitalessy, Selasa.

Menurut dia, pengiriman uang selama ini dilakukan di kantor pos melalui wesel instan, dapat dilakukan melalui kantor pos ke rekening bank.

Layanan Wesel pos Cash to Account bekerja sama pihak bank yang menerapkan layanan dengan ATM bersama. Hal ini merupakan kesempatan yang baik bagi masyarakat yang jauh dari akses perbankan.

"Program ini baik bagi masyarakat di daerah yang tidak ada akses perbankan seperti di Taniwel maupun Werinama (pulau Seram) dapat memanfaatkan layanan tersebut," katanya.

Alex mengemukakan, produk tersebut merupakan unggulan Pos Indonesia karena dapat melakukan pengiriman uang dari Kantor Pos Online langsung ke rekening bank tanpa antrian dan secepat pesan singkat (SMS).

Program tersebut, lanjutnya, dapat membantu dan mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi dengan mengurangi antrian di bank

"Saat bank tutup misalnya pada saat cuti bersama atau hari Sabtu , maka penyetoran dapat dilakukan di Kantor Pos Online dengan biaya Rp20 ribu/ transaksi," ujarnya.

Dijelaskannya, layanan ini sudah bisa dilakukan di seluruh Kantor Pos Online di seluruh Indonesia. Di provinsi Maluku sudah dapat dilakukan di seluruh kantor pos.

"Saat ini sudah banyak pelanggan yang memanfaatkan layanan tersebut. Rata-rata transaksi dilakukan pada Sabtu juga di daerah yang belum ada cabang bank," tandasnya.

Alex menambahkan, pihak pos terus melakukan terobosan baru mengikuti perkembangan arus globalisasi yang semakin meningkat setiap tahun.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015