Ambon, 5/2 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan menyiapkan ijin trayek angkutan kota (Angkot) rute ke Airlouw, Latuhalat, kecamatan Nusaniwe.

"Jika ada masyarakat yang berminat untuk investasi Angkot kota Ambon - Airlouw kita akan memberikan izin trayek ke jalur tersebut, menyusul telah membuka akses jalan," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, penyiapan izin trayek Angkot dilakukan karena Pemkot Ambon akan memfungsikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Airlouw pada Maret 2016.

"Saat ini lokasi Puskesmas Airlouw memang jauh dari kawasan pemukiman, serta belum tersedia akses transportasi sehingga perlu menyiapkan akses ke fasilitas kesehatan tersebut agar mempermudah masyarakat dalan melakukan aktifitas," katanya.

Menurut dia, Puskesmas Airlouw dibangun pada tahun anggaran 2012 secara bertahap yang dimulai dengan pembangunan fisik gedung, dilanjutkan pengadaan fasilitas dan alat kesehatan penunjang perawatan.

"Pembangunan Puskesmas dilakukan secara bertahap dan pelayanannya bukan untuk saat ini tetapi berjangka,mengingat lokasinya saat ini belum banyak penduduk setempat, tetapi kedepan dalam tahapan pembanguan rumah penduduk," kata Richard.

Dijelaskannya, pembangunan Puskesmas perawatan tersebut merupakan bagian upaya Pemkot Ambon dalam mendukung dan mewujudkan program prioritas yakni memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Langkah ini seiring dengan visi dan misi Dinas Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik di bidang kesehatan kepada masyarakat.

"Kita harus bersyukur karena lahan yang digunakan untuk membangun Puskesamas seluas satu hektare merupakan tanah hibah dari pemerintah negeri setempat kepada Pemkot Ambon, makanya harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," tandasnya.

Richard menambahkan, Puskesmas peratawan tersebut dibangun dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam memeriksa kesehatan.

Sebelumnya Pemkot telah membangun Puskesmas rawat inap di Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan guna membantu masyarakat setempat khusus dalam kondisi darurat.

"Kami juga akan membangun Puskesmas rawat inap di desa Tawiri kecamatan Teluk Ambon pada tahun anggaran 2016," tegas Richard.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016