Ambon, 22/2 (Antara Maluku) - Kapal pesiar Artania berbendera Bermuda akan singgah di kota Ambon pada 28 Februari 2016, kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Kota Ambon, Joy Reiner Adriaanzs.

"Sesuai jadwal yang kami terima kapal berbendara Bermuda akan menyinggahi pelabuhan Yos Sudarso pada 28 Februari 2016, dengan membawa 1.200 turis dari berbagai negara," katanya di Ambon, Senin.

Menurut dia, kapal Artania dengan panjang 230 meter akan singgah di kota Ambon selama 20 jam dan para wisatawab akan mengunjungi sejumlah lokasi wisata sejarah, pantai dan religi.

Beberapa tahun terakhir , kata Joy kunjungan kapal pesiar hanya berkisar 6 - 10 jam, tetapi untuk tahun 2016 akan menyinggahi Ambon selama 20 jam yakni tiba pukul 08.00 - 20.00 WIT.

Pihaknya akan menyiapkan berbagai fasilitas untuk menyambut kedatangan kapal pesiar tersebut, yakni menyiapkan akses trasportasi dan kunjungan ke berbagai lokasi wisata.

Ia mengatakan, para wisatawan akan terbagi dalam dua kelompok yakni mengunjungi kawasan pusat kota diantaranya patung Christina Martha Tiahahu, monumen Gong Perdamaian Dunia (GPD), taman persemakmuran Australia, pantai Collin Beach Latuhalat dan objek wisata religi yakni Masjid Jami, gereja Maranatha,dan gereja katedral.

Sedangkan kelompok kedua akan mengunjungi kawasan pulau Ambon yakni pantai Natsepa, Liang, pemandian air panas di desa Tulehu, kolam morea di Waai dans ejumlah lokasi lainnya.

"Untuk kunjungan ke pantai Collin para wisatawan akan disajikan kuliner khas Maluku oleh chef Bara Pattiradjawane yang akan menyajikan masakan khas, selain itu objek wisata sejarah yakni museum SIwalima " katanya.

Ia menyatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi terkait kunjungan kapal pesiar tersebut, diharapkan kunjungan akan menjadi perhatian warga kota.

"Sama seperti kunjungan kapal pesiar ke Ambon tahun sebelumnya, tahun ini kita akan menerima kunjungan dari berbagai wisatawan mancanegara, hal ini menjadi kebanggan bagi warga kota," tandasnya.

tahun 2015 kota Ambon dikunjungi kapal MV Albatros berbendera Jerman yang memulai pelayaran dari Sydney (Australia) dan menyinggahi Brisbane (Australia), Cairns (Australia), Thuesday Island (Australia), Pulau Banda, Ambon, Puerto Princesa (Filipina), Coron (Filipina), Manila (Filipina), Kaohsiung (Taiwan), shigaki (Jepang) dan berakhir di Shanghai (Tiongkok).

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016