Ternate, 27/2 (Antara Maluku) - Seluruh jajaran Komando Resimen (Korem) 152/Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut), memprogramkan Malut Bersih menjelang fenomena alam langka Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret mendatang.

"Korem 152/Babullah beserta jajaran terus menggenjot program yang dicanangkan Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Syafrial, 10 hari Malut Bersih Sambut GMT, buktinya berbagai kegiatan pembersihan lingkungan maupun fasilitas umum telah dan masih dilakukan dengan melibatkan seluruh jajaran Korem," kata Kapenrem 152/Babullah Ternate, Anang Setyoadi di Ternate, Sabtu.

Dia mengatakan, pada skala besar Danrem telah memerintahkan seluruh satuan secara terjadwal dan terorganisir melakukan karya bakti pembersihan dengan sasaran dan target yang ditentukan dengan menggandeng masyarakat setempat agar hasil yang didapat maksimal.

Selain itu, seluruh Babinsa yang tersebar di seluruh wilayah Malut diperintahkan untuk mengajak masyarakat melakukan pembersihan di wilayahnya secara rutin dan setiap kegiatan diawasi dan dilaporkan pelaksanaannya melalui media sosial lengkap dengan foto dokumentasi.

Dia mengatakan, program Malut bersih sambut GMT merupakan komitmen Korem 152/Babullah untuk membantu pemerintah Daerah dalam mempromosikan pariwisata daerah dan menggenjot Pendapatan Asli Daerah dari sektor pariwisata.

Berdasarkan informasi dari Dinas Pariwisata Provinsi maupun Kota/Kabupaten, sejumlah tamu baik domestik maupun asing telah menkonfirmasi kedatangannya di Malut.

Bahkan Duta Besar Kerajaan Thailand telah tiba di Ternate untuk persiapan kedatangan Putri tunggal Raja Thailand.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Malut yang menjunjung tinggi adat se Atorang untuk berbenah serta tunjukkan kepada tamu kita bahwa Malut adalah daerah yang bermartabat serta memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan daerah lain, sehingga Malut dapat dijadikan Tujuan Wisata Favorit untuk dikunjungi," katanya.

Selain di Kota Ternate, sejumlah daerah lainnya yang menjadi tujuan wisatawan mancanegara ke Malut adalah Kota Tidore Kepulauan, Kota Maba di Kabupaten Halmahera Timur dan Jailolo di Halmahera Barat. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016