Ambon, 17/3 (Antara Maluku) - Bakal calon (Balon) Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan, harmonisasi sosial merupakan kekuatan membangun daerah ini dan menjaga stabilitas pembangunan.

"Harmonisasi sosial itu menjadi kata kunci untuk menjaga stabilitas pembangunan di Ambon, sekaligus menjadi konsep strategis dalam kepemimpinan lima tahun ke depan jika masih diberikan kepercayaan oleh warga kota," katanya di Ambon, Kamis.

Ada tiga program prioritas membangun Ambon yang merupakan konsep strategi yakni harmonisasi sosial, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemberdayaan ekonomi keluarga dan masyarakat.

Ia mengatakan, harmoni sosial berarti seluruh kehidupan kultural masyarakat kota Ambon harus menjadi kekuatan yang harmonis dan menjadi modal dasar.

"Tiga konsep strategis ditetapkan mengingat seluruh infrastruktur dasar telah kita bangun bersama dalam lima tahun pemerintahan," ujarnya.

Menurut dia, peningkatan SDM juga menjadi perhatian karena tidak mungkin kota Ambon dapat bersaing dengan daerah lain jika tidak memilik SDM yang profesional.

Karena itu, dari sekarang pihaknya berupaya mendorong para pegawai/ guru untuk melanjutkan pendidikan ke sejumlah perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

"Pendidikan lanjutan harus menjadi prioritas sehingga kedepan dapat bersaing karena hanya dengan penguasaan teknologi digital akan mampu bersaing dengan daerah lain. Kedepan bukan saja otot yang diperhitungkan tetapi otak." katanya.

Richard menjelaskan, pemberdayaan ekonomi keluarga dan masyarakat juga merupakan komponen pelengkap dan penting.

"Tiga komponen ini penting karena percuma jika pintar kalau perut lapar, tentunya akan menganggu integritas, tetapi sebaliknya kalau hebat dan tidak cerdas bisa merepotkan sehingga hal ini yang menjadii konsep dasar," tandasnya.

Diakuinya, memimpin kota Ambon bukan terkait tampil dan memberikan janji kepada masyarakat, tetapi memikirkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya telah melakukan tugas selama hampir lima tahun, dan jika Tuhan berkehendak akan mengikuti Pilkada pada 15 Februari 2017 dengan tugas utama adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat," kata Richard.

Prioritas pembangunan Kota Ambon pemerintahan Wali Kota Richard Louhenapessy dan Wawali Sam Latuconsina periode 2011 - 2016 diimplementasi dari slogan "Benahi Ambon".

Lima program prioritas tersebut, yakni masalah kebersihan dengan menjadikan kota Ambon bersih pada waktu siang, terang di malam hari serta penataan parkir dan transportasi.

Selain itu, peningkatan kualitas pelayanan bagi masyarakat melalui pembenahan aparatur birokrasi dan meningkatkan pelayanan publik yang sifatnya komunikatif, populis dan biologis.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016