Inventer merupakan sebuah teknologi perangkat listrik dengan fungsi penting di dalam dunia elektronik dan kelistrikan. Inverter berfungsi sebagai converter daya listrik yang mampu mengonversikan arus searah atau DC (Direct Current) menjadi arus bolak-balik atau AC (Alternating Current), atau juga sebaliknya dengan efektivitas yang sama.

Tidak hanya berfungsi sebagai pengubah arus listrik, rangkaian inverter juga dapat dimanfaatkan untuk mengatur atau menstabilkan tegangan dari keluaran arus listrik yang dihasilkan. Dalam rangkaian inverter kita bisa melakukan semua kebutuhan pengaturan, mulai dari frekuensi, ampere, torsi, kecepatan dan masih banyak lagi. Jadi, dapat dikatakan jika kita menggunakan inverter, tegangan yang dihasilkan akan tetap stabil dan dapat diatur sesuai kebutuhan. Berbeda dengan stabilizer yang hanya berfungsi menstabilkan arus tanpa mampu mengubah tegangan.

Meski prinsip kerja dan fungsi inverter tidak berubah sejak diciptakan, akan tetapi seiring perkembangannya, saat ini banyak jenis inverter dengan karakteristik dan fungsi tersendiri yang bisa kita temukan. Sekedar informasi, untuk memilih inverter sebaiknya kunjungi Ralali.com. Di Ralali.com jual inverter berkualitas dengan berbagai pilihan harga dan merek terlengkap.

Berikut ini terdapat beberapa jenis inverter yang lazim digunakan, diantaranya:

Inverter Square Wave
Yakni jenis inverter yang hasil arus kontennya sangat stabil. Namun, inverter jenis ini tidak cocok digunakan untuk beberapa jenis mesin, seperti motor atau transformer. Inverter Square Wave merupakan salah satu jenis inventer pelopor dalam sejarah perkembangan inverter.

Inverter Modified Sine Wave
Inverter jenis ini menghasilkan arus yang kurang lebih sama dengan Inverter Square Wave, hanya saja menghasilkan arus yang akan menghilang (nolvoltasi) beberapa saat sebelum menjadi arus positif dan negatif. Inverter jenis ini sangat sederhana dan ekonomis, sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis perangkat elektronik.

Inverter Pure Sine Wave
Inverter jenis Pure Sine Wave ini menghasilkan gelombang sinus yang nyaris sempurna. Namun, desainnya yang lebih rumit membuat biaya yang diperlukan untuk pemasangnya menjadi jauh lebih besar.

Inverter Multilevel
Inverter jenis ini berfungsi mempersatukan tegangan dari berbagai tingkat arus langsung sebagai inputnya, dan jumlah tegangan yang dapat diatur sesuai keinginan. Keuntungan penggunaan inverter multi level adalah menurunnya nilai daya dari alat elektronik tersebut sehingga menjadi lebih ekonomis.

Inverter Stand-alone
Inverter jenis ini sering digunakan untuk mengonversi arus langsung dari sumber energi, seperti pada instalasi panel surya atau kincir angin yang umum digunakan untuk memenuhi daya listrik di rumah-rumah atau industri kecil.

Peran teknologi inverter saat ini sudah mulai digunakan secara luas dalam kehidupan sehari-hari, beberapa contoh pengaplikasian teknologi ini dapat dengan mudah kita jumpai di sekitar kita, contohnya seperti pada charger, Unit Uninterruptible Power Supply (UPS), jaringan listrik, panel surya, dan masih banyak lagi.

Pada intinya, inverter didesain untuk konversi daya arus DC ke AC. Namun, lebih jauh lagi alat ini juga dapat digunakan untuk mengubah tingkat tegangan daya sesuai frekuensi yang diinginkan. Dengan banyaknya inovasi pengaplikasian teknologi inverter pada berbagai perangkat elektronik saat ini, diharapkan kedepannya, peralatan elektronik akan menjadi lebih efisien terhadap konsumsi energi listrik.




Pewarta: Rarali

Editor : Pemasaran


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016