Ambon, 8/4 (Antara Maluku) - KM Nusantara Lestari 101 pendukung program tol laut yang mengangkut bahan pokok masyarakat dan aneka kebutuhan sehari-hari menyinggahi Pelabuhan Yos Sudarso, Dobo, ibu kota Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, Jumat.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdangangan Kepulauan Aru, Rudy Siwabessy ketika dihubungi dari Ambon membenarkan KM Nusantara Lestari 101 itu mengangkut 29 kontainer dan bongkar di Pelabuhan Yos Sudarso.

"Sebanyak 29 kontainer berisi bahan kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, terigu, minyak goreng dan aneka kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Dia menyambut baik program tol laut yang menyinggahi Pelabuhan Yos Sudarso karena menambah stok bahan pokok masyarakat maupun anake kebutuhan sehari-hari.

"Saya belum tahu kapasitas bahan pokok masyarakat maupun kebutuhan sehari-hari. Namun patut diapresiasi program tol laut yang digagas Presiden Joko Widodo itu menyinggahi Dobo," kata Rudy.

Dia mengemukakan, kapal kontainer yang memasok bahan pokok masyarakat dan kebutuhan sehari-hari itu bakal mendukung mengurangi disparitas harga sekaligus membangkitkan perekonomian, khususnya di Kepulauan Aru yang tergolong daerah terluar.

Pertimbangannya, Kepulauan Aru secara geografis dekat dengan Australia.

"Jadi, dengan stok bahan pokok maupun kebutuhan lainnya bertambah, maka akan terjamin kebutuhan untuk lebih dari 90.000 jiwa penduduk Kepulauan Aru," ujar Rudy.

Disinggung stok bahan pokok masyarakat pada musim hujan, dia menjelaskan terjamin untuk beberapa bulan ke depan.

"Kami intensif berkoordinasi dengan 11 distributor bahan pokok masyarakat yang beroperasi di Kepulauan Aru sehingga terjamin stok maupun pasokan dari sentra produksi, baik Surabaya maupun Makassar. Apalagi, para distributor memiliki armada pengangkut," kata Rudy.

KM Nusantara Pelangi 101 melayari rute penugasan trayek T-2 yakni Tanjung Perak - Kalabahi - Moa - Saumlaki - Dobo - Merauke, pergi pulang (PP).

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016