Ambon, 27/5 (Antara Maluku) - Pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku tidak menggelar mudik gratis bagi masyarakat beragama Islam dalam rangka merayakan Idul Fitri 1437 Hijriah.

Kadis Perhubungan Maluku, Beny Gaspersz, dikonfirmasi, Kamis, mengatakan, musik gratis di daerah ini tidak dilaksanakan Pemprov setempat karena program Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berlaku bagi pemudik sepeda motor, bus dan kereta api.

"Maluku khan daerah kepulauan sehingga mudik merayakan Idul Fitri maupun hari besar keagamaan lainnya harus memanfaatkan jasa transportasi laut maupun penerbangan sehingga program Kemenhub tidak direalisasikan di sini," ujarnya.

Apalagi, transportasi laut ditangani PT.Pelni maupun pelayaran perintis yang dikelola Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan(KSOP) sehingga mudik gratis itu belum diterapkan di Maluku.

Hanya saja, menurut Benny, aktivitas mudik merayakan Idul Fitri 1437 Hijriah tetap diawasi Dinas Perhubungan Maluku berkoordinasi dengan KSOP maupun unit pelaksana teknis (UPT) Kemenhub.

"Jadi pengalaman selama ini, terutama saat aktivitas mudik, baik merayakan Idul Fitri maupun Natal dan Tahun Baru tidak menjadi masalah karena ditempatkan pos simpatik di masing - masing pintu masuk dan keluar fasilitas perhubungan," kata Benny.

Sedangkan, mudik gratis juga sering dilaksanakan para politikus maupun pengusaha di Maluku berkaitan dengan proses Pilkada dan berbagi kasih dengan sesama umat Islam dan Kristen.

"Penyelenggaraannya dikoordinasikan dengan UPT perhububngan sehingga terkait kelayakan armada maupun keselamatan pelayaran berdasarkan ketentuan perundang - undangan," tandas Benny.

Sebelumnya, situs Kemenhub pada 15 Mei 2016 merilis pada masa angkutan lebaran 2016 Kemenhub mendatangi masyarakat secara langsung dengan membuka "booth" pendaftaran di beberapa titik keramaian di kota Jakarta dan sekitarnya.

Kemenhub kembali menggelar mudik gratis untuk para pemudik sepeda motor dengan menggunakan bus. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui portal mudikgratis.dephub.go.id.

Pendaftaran mudik gratis Lebaran Idul Fitri 2016 dibuka pada 13 Mei 2016 sampai dengan 12 Juni 2016. Sedangkan untuk pendaftaran offline mulai dibuka pada 16 Mei 2016 sampai dengan 12 Juni 2016.

Pada masa Angkutan Lebaran 2016, Kemenhub menyediakan kuota sebanyak 12.000 sepeda motor dan 24.000 penumpang dengan total anggaran Rp 20 miliar. Kuota tersebut dibagi untuk arus mudik sebanyak 8.400 sepeda motor dengan 16.800 penumpang.

Sedangkan, arus balik sebanyak 3.600 sepeda motor dengan 7.200 penumpang.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016