Ternate, 22/6 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) menggelar Festival Guto 2016 dalam upaya memeriahkan bulan suci Ramadhan.

"Kota ini akan dihiasi lampu pelita dari bahan bambu," kata Wakil Wali Kota Tikep, Muhammad Senen, di Ternate, Rabu.

Ia mengatakan, Festival Guto diadakan bertepatan dengan malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan, dan tradisi ini telah berlangsung sejak lama, dari generasi ke generasi.

Festival itu dilakukan juga untuk menanamkan kembali nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Tidore sebagai salah satu media pengontrol budaya modernisasi.

Sehubungan dengan Festival Guto, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 019.5/641/01/2016 tanggal 16 Juni 2016.

Menurut Muhammad Senen, surat itu berisi imbauan kepada pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, instansi vertikal, para Camat, Lurah, Kepala Desa, pimpinan Paguyuban dan partai politik untuk turut berpartisipasi, dengan memasang Guto di tempat-tempat yang telah ditentukan mulai tanggal 1 -- 5 Juli 2016.

Khusus instansi pemerintahan seperti SKPD, instansi vertikal dan kantor-kantor, pemasangan Guto akan dinilai oleh panitia lomba.

Selain piala bergilir, para pemenang juga akan diberikan piagam penghargaan dan uang tunai. Pengumuman para juara akan disampaikan dalam Halal Bi Halal Pemerintah Kota Tidore Kepulauan setelah Idul Fitri.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016