Ambon, 22/6 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon meluncurkan program kampung Usaha Kecil Menengah (UKM) digital Ralsalsam Maluku di Ambon.

Pencanangan kampung UKM digital Ralsalsam dilakukan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy bersama Direktur Enterprise Bisnis Solution PT Telkom Indonesia di Ambon, Rabu.

Wali Kota Richard menyatakan, pencanangan yang dilakukan saat ini merupakan upaya untuk mendekatkan teknologi dengan dunia usaha.

"Teknologi sangat membantu untuk melakukan berbagai usaha terutama di bidang UKM, teknologi mendekatkan dunia karena setiap orang dapat memesan atau mengirimkan produk ke luar daerah maupun ke luar negeri," katanya.

Menurut dia, IT saat ini menjadi kebutuhan utama masyarakat, jika dimanfaatkan dengan baik akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Kota Ambon.

"Jika kita tidak dapat menguasai IT dan tidak berupaya untuk belajar, maka kita akan tertinggal jauh dengan daerah lain di Indonesia," ujarnya.

Dia menjelaskan, peluncuran kampung UKM digital merupakan upaya menciptakan UKM yang tangguh serta proses edukasi UKM. Solusi pemasaran yang dilakukan melalui sistem online merupakan bentuk perluasan pemasaran produk negeri ke luar daerah maupun luar negeri.

Sistem online lanjutnya, juga baik karena dapat bertahan di kondisi ekonomi yang tidak stabil, yang terpenting saat ini adalah setelah peluncuran Telkom melakukan pendampingan ke UKM.

"Sistem digital masih asing bagi pelaku UKM sehingga masih diperlukan pendampingan sehingga kedepan merka dapat melakukan pemasaran secara online, ujarnya.

Sementara itu General Manajer Divisi Bisnis Service Telkom, Tri Gunadi mengatakan, UKM digital Ralsalsam merupakan ke 135 yang resmi diluncurkan dan pertama di Maluku.

Pihaknya akan melakukan pendampingan bagi UKM melalui sambungan telepon dan website agar dapat bertumbuh, selain itu tiga C yakni Conectivity (koneksi) jaringan komunikasi untuk belajar sistem online. Selanjutnya konten belajar akses internet dan comes untuk memfasilitasu sistem online.

"Yang terpenting adalah pelaku usaha menyiapkan produk yang sesuai standar kualitas yang ditampilkan di sistem online, sehingga dapat dipercaya karena kunci dari kesuksesan sistem ini adalab kepercayaan, " kata Tri.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016