Ternate, 25/6 (Antara Maluku) - Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Maluk Utara (Malut) mengingatkan pemilik kapal agar berhati-hati dalam berlayar, sebab saat ini kondisi cuaca laut buruk, sehingga dikhawatirkan terjadi masalah dalam pelayaran nanti.

"Kepada para pemilik kapal dan para nahkoda agar dalam melaksanakan kegiatan pelayarannya agar lebih berhati-hati karena apa bila cuaca dan kondisi tidak memungkinkan agar jangan diberangkatkan kapalnya, karena kita harus menjaga jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Plt Kepala KSOP Ternate, Arifai di Ternate, Sabtu.

Menurut Arifai, dalam kondisi angkutan lebaran ini kita betul-betul persiapkan kapal-kapal yang layak supaya para pemudik bisa tiba dengan selamat di tempat tujuan dengan adanya kondisi cuaca buruk ini kita tetap bekoordinasi dengan BMKG.

"Jadi, kalau BMKG sudah mengeluarkan Warning maka Posko dan juga selaku Kantor Kesyahbandaran maka kita akan tidak menerbitkan SPB kalau memang itu ada Warning dari BMKG bahwa cuaca buruk atau gelombang tinggi sekian maka kita tidak akan mengeluarkan SPB tersebut," kata Arifai.

Sebelumnya, Kantor Pelabuhan Tobelo menghimbau operator kapal untuk mewaspadai cuaca buruk yang melanda Indonesia saat ini dalam pelayaran.

Kepala Pelabuhan Tobelo, Patahuddin Robo ketika dihubungi mengatakan, saat ini, cuaca di laut masih aman dan belum ada instruksi dari Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI, meski begitu, setiap ada kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Tobelo selalu diingatkan untuk senantiasa waspada selama dalam pelayaran.

"Kalau perlu kita tunda pemberangkatannya jika benar-benar kondisi di laut tidak mendukung," kata Patahuddin Rombo.

Menurutnya, pihaknya tidak berani mengambil resiko dengan memberikan izin berlayar kepada armada baik kapal penumpang mau pun pengangkut barang apabila cuaca tidak menentu.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama pelayaran kapal, dia selalu berkomunikasi dengan nakhoda kapal yang berangkat maupun yang sedang menuju pelabuhan Tobelo mempertanyakan kondisi dan keberadaannya.

Khususnya pelayaran kapal penumpang antar pulau, dia mengaku selalu mengingatkan nahkoda jika kondisi cuaca tidak mendukung untuk tiba lebih awal agar menunda ketibaan dengan memperlambat laju kapal. 

Pewarta: M. Ponting

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016