Ternate, 30/6 (Antara Maluku) - Direktorat Lalulintas (Dirlantas) Polda Maluku Utara (Malut) akan menyiapkan pos untuk mengantisipasi kemacetan menjelang lebaran Idul Fitri nanti.

Dirlantas Polda Malut Kombes Pol Wawan Sunarwira di Ternate, Kamis, mengatakan pos tersebut dibentuk terkait dengan Operasi Ramadniya yang digelar selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri dan akan ditempatkan di beberapa titik rawan kemacetan.

Wawan mengatakan tingkat kepadatan dan kecelakan pada 2016 diperkirakan meningkat dibandingkan tahun 2014-2015 jika dilihat dari bertambahnya kendaraan di Kota Ternate.

Selain itu, Polda Malut berperan aktif dalam pelayanan yang sudah disiapkan di pos-pos pelayanan kesehatan.

"Pelayanan Kesehatan dalam mudik Lebaran bukan hanya terjadi Kota Ternate, namun seluruh kabupaten/kota di Malut sudah disiapkan agar masyarakat mudah mendapat pelayanan yang baik," ujarnya.

Pengoperasian pos-pos tersebut bekerja sama dengan berbagai pihak sehingga arus mudik diharapkan bisa berjalan lancar.

Sementara itu, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Ternate Ervina Eva Leswandari mengimbau masyarakat di Malut untuk membawa kartu kepesertaan JKN-KIS dan memastikan kartu tersebut telah aktif.

Dia mengatakan pelayanan bagi peserta JKN dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS Kesehatan saat ini sudah bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan di seluruh Kabupaten Kota di Provinsi Malut.

"Bagi peserta BPJS Kesehatan JKN-KIS saat mudik wajib membawa kartu peserta untuk mendapat pelayanan kesehatan di pos pelayanan mudik Lebaran," ujar Ervina.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016