Ambon, 22/8 (Antara Maluku) - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) mempromosikan kota ini tidak hanya dilakukan melalui media cetak dan elektronik, tetapi juga media sosial.

"Upaya-upaya itu bertujuan meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke ibu kota provinsi Maluku ini," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Ambon Henry Sopacua kepada Antara, Selasa.

Ia juga mengatakan promosi kota Ambon pun terus dilakukan melalui berbagai kegiatan berskala lokal maupun nasional oleh kementerian, dan berbagai kegiatan wisata di berbagai daerah dan negara.

"Adapun promosi berbagai kegiatan maupun potensi alam Ambon melalui media massa cetak dan elektronik serta media sosial sangat diperlukan untuk memperkenalkan kota ini kepada masyarakat luas," katanya.

Menurut Henry, pihaknya saat ini fokus mengembangkan dan menyiapkan berbagai kegiatan untuk mendatangkan wisatawan nusantara maupun mancanegara di Kota Ambon.

Rangkaian kegiatan yang disiapkan di antaranya Festival Manise, Kuliner, Pemilihan Duta Wisata Kota Ambon, Jejak Pahlawan Nasional Pattimura, dan berbagai kegiatan tahunan.

"Kegiatan penting lainnya yang juga akan dilakukan adalah deklarasi Ambon Menuju Kota Musik Dunia yang akan dilaksanakan tanggal 28 Oktober 2016. Kita berharap berbagai upaya yang dilakukan dapat menunjang upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan," ujarnya.

Ia menambahkan, Pemkot Ambon pada tahun 2016 ini juga meluncurkan program Ambon Ceria, dengan harapan partisipasi masyarakat terhadap pembangunan dan pelayanan publik semakin meningkat.

"Kita mencanangkan tahun mangente (datang dan kunjungi) pada 2015 dan berlangsung dengan baik yakni mendapat respon dari berbagai pihak. Tahun ini upaya itu semakin kita giatkan," katanya.

Pada tahun Ambon Cerita, kata Henry, dilaksanakan acara-acara bersifat seni budaya khususnya musik, tarian, selain kegiatan sosial dan pemerintahan.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan, lanjutnya, diprogramkan berdampak kepada pengembangan kawasan wisata, kuliner, industri dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami berupaya memberikan dampak yang baik, karena dari kegiatan seperti inilah banyak orang yang datang ke Ambon untuk menikmati wisata alam, bahari dan budaya," ujarnya.

Ditambahkannya, mewujudkan Ambon sebagai destinasi wisata di Indonesia tidaklah mudah karena membutuhkan peran serta seluruh pemangku kepentingan dan fasilitas penunjang pariwisata.

"Karena itu kita terus berbenah untuk menjadikan Ambon sebagai kota tujuan wisata di wilayah Timur Indonesia," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016