Ternate, 4/10 (Antara Maluku) - Ratusan warga Ternate, Maluku Utara (Malut) mengunjungi pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) dalam rangka menyambut HUT Ke-71 TNI.

"Selain jajaran TNI yang menampilkan Alutsista terbarunya, pada pameran tersebut juga Kepolisian turut serta memamerkan persenjataan, perlengkapan dan kendaraan operasional di jajaran Polri," kata Kapenrem 152/Babullah Ternate, Mayor Inf Anang Setyohadi, Selasa.

Pameran itu juga diramaikan dengan pameran sejumlah dinas terkait, di antaranya Pemadam Kebakaran, BKKBN, BASARNAS, BNPBD dan Bank BRI.

Menurut Kapenrem, pada hari pertama, pameran dipadati ratusan warga mulai anak-anak hingga orang tua yang ingin melihat secara langsung persenjataan kebanggaan TNI.

Dalam pameran Alutsista tersebut ditampilkan berbagai jenis persenjataan, peralatan khusus TNI, Perlengkapan hingga Kendaraan Operasional khusus TNI baik dari jajaran TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara yang selama ini dipergunakan untuk menjaga kedaulatan NKRI dari matra Darat, Laut dan Udara.

Korem 152/Babullah sendiri menampilkan berbagai jenis persenjataan terbaru seperti Pistol terbaru (G2, P2, FN dan Walter), Senapan Serbu (SS 2 V1, SS1 V1) hingga senapan mesin berat (SMB) serta senjata petembak runduk (Sniper).

Selain itu, juga perlengkapan khusus seperti rompi anti peluru, peralatan rafling dan lain sebagainya maupun kendaraan operasional khusus seperti Mobil Taktis Denhub, mobil dan motor patroli Polisi Militer.

Dia mengakui, pameran Alutsista kali ini ada yang lebih menarik dari pada pemeran pada tahun-tahun sebelumnya, yaitu adanya sinergitas antarinstansi dan lembaga yang turut berpartisipasi meramaikan pameran.

"Selain itu, ada juga kegiatan lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan tingkat SMA/Sederajat serta diikuti oleh 28 tim perwakilan SMA/SMK se-Wilayah Malut," kata Kapenrem.

Kegiatan itu akan menguji para siswa/i perihal wawasan kebangsaan serta pengetahuan umum, dinilai dewan juri dari TNI, kalangan akademisi, dinas pendidikan dan BNN.

"Lomba ini juga untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, nasionalisme, serta semangat patriotisme generasi muda sehingga kelak mereka dapat tumbuh menjadi generasi tangguh dan siap untuk menghadapi persaingan global," ujarnya.

"Pameran alutsista sendiri merupakan wujud pertanggung jawaban kepada masyarakat atas anggaran yang diberikan Negara kepada TNI. Kegiatan ini pun diharapkan menummbukan rasa memiliki TNI di dalam diri warga masyarakat," tambahnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016