Ternate, 2/11 (Antara Maluku) - Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) bekerja sama dengan Korem 152/Babullah menyelenggarakan Focus Discussion Group (FGD) lintas sektoral yang menghadirkan unsur TNI Kepolisian dan elemen masyarakat.

Kapenrem 152/Babullah Mayor Inf Anang Setyoadi di Ternate, Rabu, mengatakan, kegiatan ini merupakan program dari Direktorat Pengujian dan Pengembangan Pusat Teritorial Angkatan Darat yang bertujuan untuk mengumpulkan data teritorial terbaru dari setiap SKPD maupun instansi terkait melalui Forum Diskusi di daerah.

Selanjutnya, data yang diperoleh dapat dijadikan bahan acuan untuk mengambil kebijakan selanjutnya agar output kebijakan tersebut dapat tepat guna serta bersinergi dengan situasi nyata dilapangan dalam rangka pemberdayaan wilayah dalam rangka menyiapkan ruang juang.

Sehingga, alat juang dan kondisi juang yang tangguh melalui berbagai upaya ditinjau dari segala aspek, oleh karenanya disini penting terjalinnya sinergitas antara seluruh komponen terkait sehingga pada pelaksanaannya akan berjalan dengan baik, terintegrasi dan sejalan.

Salah satu contoh pengaplikasian dalam penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah agar sejalan dengan konsep pertahanan Negara sehingga kondisi tersebut akan memberikan keuntungan strategis dalam menghadapi setiap ancaman.

Anang mengatakan, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemaparan dari Kepala Badan Kesbangpol dan Kepala Bappeda tentang situasi dan kondisi wilayah Provinsi Malut serta pengisian angket oleh seluruh pimpinan SKPD Provinsi Malut perihal tanggapan serta saran dan masukan bagi TNI AD dalam rangka melaksanakan fungsi teritorial.

"Kegiatan tersebut merupakan upaya TNI Angkatan Darat khususnya Pusat Teritorial Angkatan Darat dalam rangka melakukan kajian dan pengembangan untuk selanjutnya sebagai dasar pengambilan keputusan oleh Kepala Staf Angkatan Darat di bidang teritorial," ujarnya.

Kegiatan seperti ini juga dilakukan sebelumnya di beberapa lokasi berbeda antara lain di Makorem 151/Binaiya, Makodim 1502/Masohi serta pada hari ini di Makorem 152/Babullah dan pada beberapa hari kedepan kegiatan yang sama akan dilakukan di Kodim 1501/Ternate dengan menghadirkan SKPD serta Instansi terkait di lingkup Kota Ternate.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016