Ternate, 21/11 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara (Malut) fokus dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para nelayan di daerahnya.

Wakil Wali Kota Muhammad Senen, dihubungi dari Ternate, Senin, menyatakan dukungan terhadap para nelayan salah satunya dengan menyerahkan bantuan satu unit Kapal Tangkap Ikan berkapasitas 10 Gros Ton.

"Selain itu, sarana alat penangkap ikan beserta dokumen Kapal Ikan untuk Desa Maitara Utara dan Maitara Selatan Kecamatan Tidore Utara yang dipusatkan di Pelabuhan Desa Maitara Utara," katanya.

Bantuan yang diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) To Dodara yang dikelola bersama dua Desa tersebut berasal dari pemerintah pusat.

Muhammad Senen menambahkan, bantuan kapal ikan ini sangat bermanfaat guna menggerakan perekonomian masyarakat, terutama para nelayan, sehingga, bantuan ini akan dikelola bersama oleh badan usaha milik Desa.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar bantuan ini bukan yang pertama dan terakhir, tetapi terus berkelanjutan di tahun-tahun anggaran mendatang

Dia menyatakan, penyerahan bantuan ini bukan hanya sekadar silaturahmi tetapi ini menjadi titik awal bagi Kota Tidore Kepulauan lebih khususnya pulauan Maitara untuk lebih semangat lagi dalam membangun serta manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Selain itu, Wawali berharap instansi terkait untuk monitoring serta membina masyarakat agar bantuan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan tidak menutup kemungkinan dari satu unit kapal bisa terus berkelanjutan di tahun-tahun mendatang.

Dia menjelaskan program pembangunan kawasan perdesaan pada bantuan kapal tangkap ikan untuk mendorong terwujudnya kawasan pedesaan khususnya wilayah pesisir yang secara ekonomi menjadi kawasan yang produktif dan berdaya saing tinggi.

"Sehingga, dapat membantu menyedikan sarana utama dalam aktivitas penangkap ikan bagi masyarakat nelayan yang diharapkan akan menjadi stimulan bagi tumbuh dan berkembang sektor sektor yang lainnya serta mewujudkan kedaulatan pangan atas hasil pengelola dan pemanfaatan sumber daya laut sesuai prioritas pembangunan," katanya.

Muhammad berharap agar pemerintah pusat lebih mengarahkan dukungannya bagi kesejahteraan para nelayan dengan memberikan permodalan maupun peralatan tangkap, karena sebagian besar masyarakat Malut memiliki mata pencarian sebagai nelayan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016