Ambon, 23/11 (Antara Maluku) - Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menggelar Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai untuk memperkokoh semangat persaudaraan dan kebersamaan dalam keberagaman masyarakat di daerah itu.

Siaran pers Penerangan Kodam XVI/Pattimura yang diterima Antara, Rabu, menyebutkan, apel bertema "Melalui Hikmah Hari Pahlawan ke-71 Tahun 2016 Kita Tingkatkan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Guna Terwujudnya Persatuan dan Kesatuan Negara Republik Indonesia Yang Kokoh" itu dipimpin oleh Sekretaris Daerah Mansur Tuharea.

Apel berlangsung di Lapangan Upacara Polres SBB, Selasa pagi.

Amanat Penjabat Bupati SBB Ujir Halid yang dibacakan Sekda Mansur mengatakan, SBB salah satu kabupaten yang jumlah penduduknya terbanyak ke tiga di provinsi Maluku, dan daerah yang sangat majemuk baik dari segi etnis, agama maupun aspirasi politik.

Konflik yang terjadi belakangan ini banyak memperlihatkan betapa kuatnya kesetian lokal atau kesetiaan terhadap ikatan-ikatan primordial yang disebabkan oleh hubungan darah ras, daerah, agama dan adat istiadat.

Apel besar Kebhinekaan Cinta Damai dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan NKRI yang lebih kokoh.

Amanat itu juga menyatakan kondisi bangsa Indonesia saat ini diperhadapkan dengan gerakan dari orang-orang tidak bertanggung jawab yang ingin memecah belah nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Karena itu, seluruh warga masyarakat harus waspada, jangan sampai terprovokasi oleh seruan-seruan yang tidak bertanggung jawab, dan sebaliknya menjadikan perbedaan suku, agama, ras sebagai alat pemersatu, dan bukan sebagai alat pemecah bangsa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres SBB AKBP Sucahyo Hady, Kakesbangpol Kab. SBB Saban Patty, Wakapolres SBB Kompol K Pikauly, Danramil Piru Lettu Inf A. Laturake, Kapolsek Piru AKP. W. Bahy, Danpos piru Satgas Bko Yon Armed 12/K Lttu CHK Budi, Kasat Pol PP. Kab. SBB Drs Lutfi Hehanussa, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016