Ambon, 7/12 (Antara Maluku) - Komandan Pleton (Ton) Tangkas Kodam XVI/Pattimura Letnan Kolonel Lukas Sadipun menyatakan mengkonsumsi ikan dan sagu bisa menambah kekuatan seseorang.

"Kami bisa berprestasi di Ton Tangkas juga karena rajin makan ikan dan sagu," katanya.

Kontingen Kodam XVI/Pattimura berhasil meraih Juara Umum

pada perlombaan Ton Tangkas Gelombang II Tahun Anggaran 2016, yang berlangsung di Pusdik Infanteri Cipatat, Jawa Barat, 24- 30 Nopember 2016.

Menurut Lukas, ikan dan sagu dari tanah Maluku bisa memberi energi yang tinggi dan menambah kekuatan tenaga pada timnya latihan maupun berlomba, sehingga berhasil meraih prestasi sangat luar biasa," kata Letkol Lukas, di Ambon. Rabu.

"Kami menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, karena dalam setiap kesempatan selalu mengingatkan kami untuk selalu makan ikan, karena mengandung protein tinggi yang membuat anak-anak cerdas dan memiliki fisik kuat," kata Letkol Lukas yang juga Danyonif 733 R/Masriku.

Ia menuturkan, satu Minggu sebelum perlombaan, para perserta melakukan pelatihan setiap hari, tetapi dari sisi kekuatan tenaga tidak ada peningkatan, kendati makanan yang dikonsumsi semuanya enak.

"Para prajurit mengatakan kepada saya, komandan kami makan selama latihan di sini (Cipatat Jawa Barat) semuannya enak, ada daging ayam dan sapi, tetapi tenaga tidak ada peningkatan. Saya menyadari ini betul, karena nilai mereka rata-rata hanya 82 dan 83," katanya.

Berangkat dari keluhan itu, Lukas lalu meminta bidang logistik Kodam XVI/Pattimura untuk mengirimkan ikan segar dan sagu dari Ambon, dan ditanggapi positif.

"Setelah ikan dikirim, kami memasak kuah kuning dan makan dengan papeda, ini setiap hari kami makan menu tersebut sampai pada perlombaan selama satu Minggu," katanya.

Sejak itu, lanjutnya, para prajurit merasakan ada peningkatan kekuatan tenaga.

Kontingen Kodam XVI/Pattimura berhasil meraih Juara Umum dengan meraih 3 medali emas dan 1 perunggu, mengungguli 14 kontingen peserta lain dari berbagai daerah di tanah air. 

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016