Amahai, 4/1 (Antara Maluku) - Komisaris PT PLN Jenderal TNI (Purn) Budiman dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo meluncurkan program penanaman pohon dan sekaligus memberikan bantuan untuk rumah ibadah di Maluku dan Maluku Utara, bertempat di Makoyonif 731/Kabaresi di Desa, Haruru, Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu.

Penanaman pohon secara simbolis dilakukan oleh Budiman.

Kegiatan itu sendiri merupakan upaya Kodam XVI/Pattimura dalam mewujudkan ketahanan wilayah melalui pendekatan kesejahteraan masyarakat di Maluku dan Maluku Utara.

Acara dihadiri Plt. Bupati Maluku Tengah Saleh Thio, perwakilan Gubernur Maluku, perwakilan Gubernur Maluku Utara, para pejabat PLN Pusat dan Maluku-Maluku Utara, dan jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Dalam sambutannya, Saleh Thio mengatakan pemerintah daerah Maluku Tengah merasa bangga dan bahagia dengan kehadiran Jenderal TNI (Purn) Budiman dan Pangdam Doni Monardo dalam rangka program penanaman pohon keras dan pohon buah tersebut.

"Sebagai tuan rumah, kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak Komisaris PT PLN dan Pangdam Pattimura dalam program peduli lingkungan di Kabupaten Maluku Tengah. Kiranya kegiatan ini dapat menambah wawasan pengetahuan bagi generasi penerus yang ada di daerah ini," katanya.

Sementara itu, Pangdam Doni Monardo menyampaikan terima kasih atas partisipasi PLN yang telah membantu pengadaan 150.000 tanaman keras dan buah yang akan memiliki nilai ekologi dan ekonomi pada lima tahun ke depan.

"Program ini merupakan kerja sama dengan PT. PLN, yang juga bertujuan memberikan sumbangan untuk 44 rumah ibadah, dan 150.000 bibit pohon buah dan pohon keras untuk ditanam di wilayah Maluku dan Maluku Utara," katanya.

Pangdam juga mengatakan, kegiatan ini dilakukan berdasarkan UUD 1945 tentang Sistem Pertahanan Rakyat Semesta, TNI-Polri merupakan kekuatan utama dan masyarakat sebagai kekuatan pendukung.

Adapun Jenderal TNI (Purn) Budiman dalam sambutannya mengatakan, untuk mendukung program tersebut, PLN memberikan bantuan dari alokasi dana Coorporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp2,9 miliar.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017