Ternate, 9/1 (Antara Maluku) - Kelompok Tani (Poktan) Tabahijrah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) binaan Koramil 1509-07/Mafa melakukan panen perdana padi dari program cetak sawah.

"Poktan Desa Tabahijrah mengelola lahan seluas 23 Hektar di bawah binaan Koramil Galela, dengan sistem pertanian yang dianjurkan pemerintah baik penggunaan bibit organik unggul hingga tanam jajar legowo," kata Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Jhoni Widodo, dihubungi dari Ternate, Senin.

Para petani itu juga memanfaatkan bantuan bibit maupun Alsintan (alat dan mesin pertanian) bantuan dari pemerintah.

Dandim Jhoni mengatakan, panen perdana padi seluas 2 hektare itu merupakan tahap pertama, dilaksanakan oleh para petani Tabahijrah bersama Babinsa dan disaksikan Danramil Galela Lettu Inf Aga Galela.

Menurut dia, lahan pertanian Desa Tabahijrah merupakan hasil dari program cetak sawah kerja sama Kementerian Pertanian dengan TNI.

Program cetak sawah itu diharapkan dapat kebutuhan beras lokal, bahkan ke depan dapat memenuhi kebutuhan daerah lain dalam rangka menyukseskan Program Swasembada Pangan yang dicanangkan oleh Presiden.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017