Ambon, 13/1 (Antara Maluku) - Pos Indonesia Cabang Ambon mulai mengembangkan jaringan kemitraan agen pos lewat kerja sama pengelolaan layanan pos dengan pihak ketiga.

Jaringan agen pos yang dikembangkan untuk melayani jasa pengiriman paket, dokumen dan jasa keuangan dimulai oleh agen pos Al - Ikhlas di kawasan Kebun Cengkeh kecamatan Sirimau, kata Kepala kantor Pos Ambon, Sudardjo.

"Agen pos bukanlah program kemitraan biasa, tetapi masyarakat yang ingin berbisnis tidak perlu membayar royalti atau uang jaminan kepada PT Pos, tetapi akan mendapatkan omzet pengiriman jasa kurir dan jasa keuangan," katanya di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, agen pos merupakan program kemitraan yang ditawarkan kepada masyarakat sebagai kepanjangan tangan PT Pos Indonesia dalam mengoptimalkan pelayana kepada masyarakat.

Agen pos juga merupakan salah satu strategi perusahaan dalam rangka memperluas jaringan dengan menggandeng mitra badan usaha perorangan maupun usaha bersama.

Di sisi lain juga merupakan upaya menciptakan lapangan kerja baru, selain itu kerjasama dengan masyarakat merupakan solusi kantor pos sehingga masyarakat mendapatkan layanan terdekat tanpa harus ke kantor pos pusat maupun cabang yang ada di kota Ambon.

Ia menyatakan agen pos Al Ikhlas di Kebun Cengkeh merupakan yang pertama melayani jasa pengiriman paket, dokumen dan keuangan.

"Kita berupaya membuat jaringan yang efisien, agar masyarakat sekitar kawasan Kebun Cengkeh tidak terlalu jauh dalam mendapatkan layanan jasa pos yakni terjadi efisiensi," ujarnya.

Sudardjo menyatakan, pengaturan tarif di agen pos sama dengan kantor pos di kota Ambon, karena para agen diberikan posrsi tersendiri yakni dalam pengiriman surat dan paket dokumen yakni mendapat 20 persen dari omzet yang diterima.

"Kami memberikan porsi tersendiri agar para agen pos mendapatkan omzet yang menguntungkan, karena itu kami mendorong masyarakat untuk membuka agen pos di tempat lainnya yang belum ada layanan pos. Hal ini merupakan sinergi layanan pos dan masyarakat sehingga masyarakat terbantu dengan pelayanan yang terdekat," katanya.

Masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan agen pos untuk membayar kebutuhan setiap bulan mulai dari tagihan listrik, telepon rumah, PBB, serta pembayaran angsuran kredit.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017