Saumlaki, 16/1 (Antara Maluku) - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Petrus Paulus Werembinan-Jusuf Siletty yang memakai sebutan "Power Justice" berjanji mengalokasikan dana pendidikan dalam APBD sebesar 20 persen, jika terpilih dalam Pilkada 15 Februari mendatang.

"Kami akan mengalokasikan biaya pendidikan dasar 20 persen dalam APBD Kabupaten, untuk memenuhi kebutuhan belajar mengajar di sekolah," kata Petrus di Saumlaki, Senin.

Ia menjelaskan, salah satu misi "Power Justice" adalah membangun masyarakat MTB yang sehat fisik dan mental, serta cerdas dan kompetitif, yang dijabarkan dalam empat bidang yakni kesehatan, pendidikan, sosial, tenaga kerja.

Selain alokasi biaya pendidikan dasar 20 persen, dirinya bersama Jusuf Siletty juga bertekad meningkatkan angka partisipasi anak usia sekolah melalui Wajib Belajar 12 tahun, serta melakukan distribusi penempatan guru dan tenaga kependidikan secara merata.

Selanjutnya, menyediakan tunjangan kinerja bagi guru dan tenaga kependidikan honor, dan merevitalisasi peran komite sekolah guna mendorong partisipasi masyarakat dalam menunjang pendidikan lokal.

"Kami juga ingin mendirikan pusat-pusat pendidikan formal dan informal berbasis keunggulan potensi lokal, seperti SMK Perikanan dan Kelautan, SMK Pelayaran, Pusat Pelatihan Industri Tenun Ikat, serta memberikan peluang bagi putera daerah untuk berprestasi di bidang seni dan olah raga," kata Petrus.

Disinggung soal semakin bertambahnya angka anak putus sekolah akibat ketidakmampuan keuangan orang tua, ia menyatakan "Power Justice" punya program penyediaan kebutuhan sekolah secara gratis kepada para siswa mulai dari jenjang PAUD hingga SMA dan SMK.

Bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi akan diberikan tabungan pendidikan dan beasiswa.

"Kami akan menyediakan kebutuhan sekolah seperti pakaian seragam, tas, sepatu, buku, dan alat tulis secara gratis setiap tahun ajaran, sedangkan bagi yang berprestasi diberikan tabungan pendidikan, sedangkan untuk mahasiswa berprestasi akan diberikan beasiswa hingga jenjang S3," katanya.

Wakil Bupati MTB periode 2012 - 2017 itu menambahkan, pihaknya akan meneruskan kerja sama dengan pemerintah Australia Utara dalam hal pertukaran guru dan siswa.

Pilkada MTB 2017 diikuti tiga pasangan calon.

Selain "Power Justice", pasangan calon lainnya adalah Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly (FATWA), dan Dharma Oratmangun-Markus Faraknimela (DOA).

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017