Ambon, 18/1 (Antara Maluku) - Relawan Perhimpunan Basudara Ambon (PBA) pendukung calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon, Paulus Kastanya - Muhammad Armyn Syarif yang disapa Sam Latuconsina dengan jargon "PANTAS", intensif melakukan antisipasi penularan DBD dengan melakukan fogging.

Koordinator program fogging, Jusuf Sangadji, dikonfirmasi, Rabu, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan di sejumlah daerah ini yang dinilai rawan penularan Demam Berdarah Dengue (DBD ).

"Kami mengambil data di Dinkes kota Ambon sehingga kegiatan fogging tepat sasaran dan menjawab kebutuhan masyarakat untuk mengantisipasi penularan DBD," ujarnya.

Daerah yang telah dilakukan fogging antara lain Kebun Cengkih dan Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kelurahan Kudamati dan Hatiwe Kecil.

"Fogging diintensifkan karena kasus DBD di kota Ambon pada 2016 tercatat ratusan penderita harus dirawat di sejumlah rumah sakit mengakibatkan tujuh diantaranya meninggal," kata Jusuf.

Karena itu, fogging diintensifkan dengan sasaran daerah endemik penularan DBD di kota Ambon seperti Kayu Putih, Soya, Tantui, Kebun Cengkeh, Kecamatan Sirimau, Passo dan Dusun Wayori, Kecamatan Baguala serta Wayame, kecamatan Teluk Ambon.

"Fogging dilakukan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran DBD di Ambon. Fogging merupakan langkah terakhir pencegahan karenanya terpenting adalah kesadaran masyarakat untuk melakukan pembersihan lingkungan," ujar Jusuf.

Dia mengemukakan, relawan PBA juga melaksanakan pemeriksaan asam urat kolesterol dan cek darah.

Selain itu, bazar bahan pokok masyarakat murah yang diperuntukkan bagi masyarakat golongan ekonomi lemah.

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian "PANTAS" sebagai salah satu dari empat program prioritas "PANTAS" untuk mengikuti Pilkada kota Ambon pada 15 Februari 2017 yakni pendidikan dan kesehatan berkualitas.

"Kami termotivasi untuk melaksanakan fogging maupun pemeriksaan kesehatan gratis, baik di pasar, lorong - lorong dan lokasi strategis lainnya yang ternyata diapresiasi karena tidak membutuhkan tenggat waktu lama maupun dana untuk berbagai ongkos," tandas Jusuf.

Pilkada kota Ambon diikuti pasangan calon lainnya yakni Richard Louhenapessy - Syarif Hadler dengan jargon "PAPARISSA BARU". 

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017