Ternate, 24/3 (Antara Maluku) - Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku Utara (Malut) memberikan beasiswa kepada 80 mahasiswa di dua kampus negeri yang ada di Ternate.

Beasiswa itu akan diberikan setiap bulan selama satu semester.

Kepala Perwakilan BI Malut Dwi Tugas Waluyanto di Ternate, Jumat, mengatakan setiap tahun BI selalu memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan tahun 2017 kuotanya tetap masih 80 mahasiswa.

Namun pada tahap seleksi diminta kuota sebanyak 160 mahasiswa untuk disaring hingga tinggal 80 mahasiswa yang benar-benar dianggap pantas untuk mendapatkannya.

Dia menambahkan sebelum diseleksi, 80 calon nama penerima ditentukan dari masing-masing kampus, kemudian diberikan kepada BI dan dari masing-masing kampus dan hanya 40 orang mahasiswa yang mendapatkannya setelah melalui seleksi yang adil.

Dwi mengaku untuk persyaratannya penerimaan cukup mudah, yang penting Indeks Predikat Kumulatif (IPK) harus memenuhi standar atau tinggi, kemudian harus berasal dari keluarga yang tidak mampu dan juga harus aktif dalam organisasi, baik kemahasiswaan atau organisasi kemasyarakatan.

Dengan begitu diharapkan penerima beasiswa itu kelak akan menjadi pemimpi bagi masyarakat banyak.

Selain itu, untuk penerimaan beasiswa tahun 2017 ada perbedaan dibanding tahun 2016 di mana mahasiswa menerima sebanyak Rp500 ribu perbulan.

Tetapi untuk 2017, beasiswa diberikan sebesar Rp750 ribu perbulan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Penyaluran beasiswa dilakukan melalui kampus melalui rekening masing-masing mahasiswa.

Anggaran yang disediakan untuk beasiswa sebesar Rp720 juta, sesuai jumlah penerima, kemudian bantuan juga diberikan kepada masing-masing kampus sebesar Rp10 juta.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017