Ambon, 29/3 (Antara Maluku) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Juliana Katarina Ratuanak menyatakan prioritas pembangunan daerah perbatasan di daerah itu, diutamakan pelayanan dasar.

"Untuk menunjang pelayanan dasar di MTB perlu perkuat pembangunan bidang ekonomi dan infrastruktur dalam hal ini transportasi melalui bidang perhubungan, informasi dan lainnya," kata Juliana di Ambon, Rabu.

Menurut dia, bidang perhubungan dalam hal ini jalan, jembatan dan transportasi menjadi prioritas utama serta angkutan penyeberangan untuk mempermudah akses pelayanan dasar di Kabupaten MTB.

"Pembangunan daerah perbatasan dalam rangka menyelesaikan persoalan wilayah terpencil, sehingga mempermudah akses pelayanan dasar," ujar Juliana.

Ia mengatakan pembangunan daerah perbatasan dilakukan dalam bentuk gugus pulau, dan sudah dikumandangkan sehingga menjadi percontohan pembangunan daerah kepulauan di Maluku.

"Pembangunan gugus pulau di Kabupaten MTB dibagi menjadi dua bagian yakni Tanibar Utara dan Tanibar Selatan," jelas Juliana.

Menurut dia, di MTB saat ini, pembangunan pelayanan dasar sudah berjalan, seperti kesehatan dan pendidikan dengan sistem pembangunan gugus pulau, sehingga memperkuat wilayah-wilayah pusat pertumbuhan ekonomi baru.

"Untuk pelayanan dasar gugus utara dan selatan dalam rangka mempermudah akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang sakit. Begitu juga di bidang pertanian di wilayah pesisir timur dan di pesisir barat untuk bidang perikanan, ini di bagi berdasarkan wilayah yang sudah dibuat dalam RT/RW," ungkapnya.

Selanjutnya, kata Juliana Pemerintah Kabupaten MTB melakukan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan reformasi birokrasi dalam bentuk lelang jabatan, untuk menduduki jabatan-jabatan baik fungsional maupun struktural.

"Perlu pemenuhan jabatan di setiap UPTD dan SKPD sehingga manajemen birokrasi berjalan secara lebih baik," katanya.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017