Ambon, 30/3 (Antara Maluku) - KONI Maluku akan menggelar Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) XIV di Kota Ambon pada akhir Agustus 2017.

Sekretaris Umum KONI Maluku, Cak Saimina, dikonfirmasi, Kamis, mengatakan, jadwal Musorprov ditetapkan saat Rapat Anggota XIII KONI setempat di Ambon pada 25 Maret 2017.

"Kami menetapkan Musorprov pada akhir Agustus 2017 karena masa bhakti pengurus periode 2013 - 2017 berakhir pada September mendatang," ujarnya.

Cak mengemukakan, salah satu agenda strategis Musorprov adalah memilih Ketua umum KONI Maluku periode 2017 - 2021.

Rapat anggota IV telah memutuskan tim penjaringan dan penyaringan bakal calon (Balon) Ketua KONI Maluku terdiri dari dua unsur induk olahraga setempat serta masing - maisng satu unsur KONI kabupaten/kota, Pengurus Provinsi (Pengprov) cabang olahraga serta badan keolahragaan fungsional.

"Prinsipnya mekanisme pemilihan Ketua Umum KONI Maluku perlu juga berkoordinasi dengan Gubernur setempat, Said Assagaff ," katanya.R

Rapat anggota XIII KONI Maluku 2017 diselenggarakan dengan thema "Konsolidasi Komponen Olahraga Prestasi Maluku Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Secara Berkesinambungan".

Musorprov juga membahas dan memutuskan tentang laporan pertanggungjawaban pelaksanaan program kerja dan laporan keuangan pengurus KONI Maluku 2016, membahas dan memutuskan segala permasalahan yang menyangkut status keanggotaan dan menetapkan penerimaan atau penolakan terhadap permohonan untuk diterima menjadi anggota.

Selain itu, membahas dan menetapkan program dan kegiatan KONI Provinsi Maluku 2017 serta membahas dan menetapkan usulan hal - hal yang berkaitan dengan persyaratan dan tata cara penjaringan, penyaringan dan pemilihan calon Ketua Umum KONI Provinsi.

Rapat Anggota XIII KONI Provinsi Maluku juga mengesahkan bergabungannya Pengprov Triathlon sebagai anggota.

Sedangkan, Pengprov Yong Moo Do, masih menunggu SK kepengurusan definitif dari pengurus pusatnya.

"Bergabungnya Pengprov Triathlon, maka keanggotaan KONI Maluku saat ini terdiri dari 32 Pengprov cabang olahraga, 11 KONI kabupaten/kota dan enam badan keolahragaan fungsional," tandas Cak.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017