Ambon, 20/4 (Antara Maluku) - Danramil 1502-09/Bula Kapten Inf. Ismail menyatakan program TNI di bidang pertanian di Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku terus digalakkan.

"TNI di wilayah Seram Bagian Timur selalu eksis dalam melaksanakan pendampingan pertanian, khususnya program PAJALE (Padi, Jagung, Kedelai) selain itu juga program khusus dari Kodam XVI/Pattimura yaitu Emas Hijau dan Emas Biru," katanya, dalam siaran pers yang diterima Antara di Ambon, Kamis.

Khusus untuk program Emas Hijau, Koramil 1502-09/Bula menyiapkan lahan di Desa Sumber Agung, Kecamatan Bula Barat seluas 2 hektare.

Sesuai rencana, lahan tersebut akan ditanami jagung dan labu, selain pala, coklat, cabai, dan tomat.

"Kita sadari bersama bahwa sebagai aparat teritorial harus dapat memberikan contoh kepada masyarakat dalam hal menunjang kemajuan ekonomi wilayah sekitar. Seperti yang sudah dikerjakan, program Emas Hijau ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Kapten Ismail.

Program Emas Hijau adalah kegiatan penghijauan yang sekaligus memberdayakan potensi daratan terutama tumbuh-tumbuhan yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Selain Emas Hijau, Kodam XVI/Pattimura di bawah kepemimpinan Pangdam Mayjen TNI Doni Monardo juga melancarkan program Emas Biru, yakni memberdayakan potensi kelautan dan perikanan dengan pendekatan budidaya.

Program lainnya disebut Emas Putih, yakni kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk membangun kehidupan masyarakat yang rukun dan damai.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017