Ambon, 21/4 (Antara Maluku) - Dalam rangka memperingati Hari Kartini, relawan Clerry Cleffy Institute (CCI) Ambon berbagi dengan puluhan ibu lanjut usia (lansia) Senja Indah di Toisapu, Leitimur Selatan, Kota Ambon.

Koordinator CCI Ambon Maryl Simen Matrutty mengatakan, kegiatan yang dilakukan berupa pemeriksaan kesehatan, senam pagi, permainan dan sarapan bersama.

"Peringatan tahun ini kami dedikasikan untuk berbagi dengan para kaum ibu lansia. Setelah melakukan berbagai kegiatan juga dilakukan penyerahan bunga oleh anak kecil," katanya di Ambon, Jumat.

Menurut dia, memaknai Hari Kartini dengan mengapresiasi perempuan lansia perlu dilakukan, karena mereka bagian dari perempuan Indonesia yang diperhadapkan dengan kondisi usia dan kurang mendapat perhatian.

"CCI berupaya melihat hal ini dengan memberikan apresiasi khusus bagi para lansia dengan melakukan perayaan secara sederhana tetapi sangat bermakna," katanya.

Ia mengatakan, menilik salah satu peran perempuan sebagai "primary care-givers" atau sebagai sosok utama yang merawat keluarga dalam lingkungan terkecil, perempuan memiliki peran yang besar, mulai dari persoalan domestik rumah tangga, hingga pilihan untuk menyokong ekonomi keluarga.

Perempuan juga memiliki tanggung jawab dalam pola asuh anak, kesejahteraan fisik maupun psikis anak dan anggota keluarga, perkembangan tumbuh kembang anak, pendidikan, penanaman nilai dan lainnya.

"Hal ini dilakukan dalam konteks perempuan sebagai pembangunan nilai dalam keluarga, perempuan memegang peranan yang signifikan," ujarnya.

Dijelaskannya, tahun 2016 CCI Ambon memaknai hari kartini melalui upaya mengapresiasi 21 perempuan Maluku dengan beragam profesi.

"Tahun ini kami mengapresiasi para lansia yang merupakan perempuan hebat dalam keluarga, apa yang kami buat dapat memberi makna bagi kaum ibu di Indonesia khususnya kota Ambon," kata Maryl.

Clerry Cleffy Institute (CCI) adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang psikologi dan kemanusiaan yang didirikan di Ambon, 27 Januari 2016. CCI lahir dari sebuah mimpi bersama Dwi Prihandini beserta suaminya, Clerry Cleffy Mailuhuw, untuk pengembangan diri masyarakat Maluku, khususnya anak-anak, remaja dan perempuan Maluku.

CCI memiliki visi untuk mewujudkan masyarakat Maluku, khususnya anak-anak, remaja dan perempuan Malukuyang berkarakter dan mampu mengembangkan dirinya dengan baik, serta mampu berkontribusi positif kepada lingkungannya.

Pendampingan psikologis dan kemanusiaan yang berkualitas merupakan salah satu misi CCI. Secara umum CCI bertujuan untuk pelayanan, pendampingan dan penguatan psikologis bagi pihka-pihak yang membutuhkan.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017