Ambon, 26/4 (Antara Maluku) - Tim Desk Wilayah Perbatasan (Wiltas) dan Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) Kementerian Koordinasi Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) mengunjungi Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX/Ambon, Rabu.

Kedatangan tim Desk Wiltas dan PPKT Kemenkopolhukam yang dipimpin oleh Asisten Deputi (Asdep) IV Pertahanan Negara (Haneg) Brigadir Jenderal TNI Yasid Sulistya, didampingi Kepala Bidang Kuatpuanhan Asdep 5/IV Kolonel Laut (P) Totot Gumulyo dan staf Asdep IV Haneg Debbi Agustio Pratama untuk berkoordinasi.

Selain itu juga, mengumpulkan data dan informasi, memantau implementasi pengelolaan kekuatan, kemampuan dan kerjasama pertahanan di wilayah kerja Lantamal IX.

Kunjungan tim dari Kemenkopolhukam tersebut diterima langsung oleh Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono, didampingi wakilnya Kolonel Marinir Imam Sopingi, Asisten Perencanaan dan Anggaran Kolonel Laut (S) Nova R. Noerdin dan Asisten Intel Kolonel Marinir Said Latuconsina.

Hadir juga Asisten Operasi Kolonel Laut (P) Dede Burhanudin, dan Asisten Personel Kolonel Laut (S) Mukti Gilang Mulyawan serta perwakilan kepala dinas dan kepala satuan kerja di jajaran Lantamal IX.

Dalam kesempatan itu, Asdep IV Haneg Brigadir Jenderal TNI Yasid Sulistya mengatakan tugas pokok Kemenkopolhukam adalah bertugas membantu presiden dalam mengkoordinasikan perencanaan dan penyusunan kebijakan di bidang politik, hukum dan keamanan.

"Desk Wiltas dan PPKT bertugas membantu Kemenkopolhukam mengkoordinasikan penyiapan dan perumusan kebijakan, monitoring, evaluasi dan pengkajian komprehensif terkait pengelolaan wilayah perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar," katanya.

Sementara itu, Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono mengatakan tugas pokok markas komandonya juga diperkuat dengan beberapa Pangkalan TNI AL (Lanal) dan Pos TNI AL (Posal) yang tersebar di wilayah Provinsi Maluku.

Ia juga menjelaskan kesiapan alutsista yang dimiliki, potensi sekaligus persoalan yang dihadapi oleh Lantamal IX Ambon.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017