Tual, 24/5 (Antara Maluku) - Perusahaan Listrik Negara Area Tual, Provinsi Maluku menjamin pemenuhan kebutuhan listrik selama bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriyah berjalan normal.

"Jaringan dimiliki PLN Area Tual dalam kondisi normal baik di wilayah Kabupaten Malra, Kota Tual, dan Kei Besar serta pulau-pulau di sekitarnya," kata Supervasior Operasi Jaringan PLN Kota Tual, Topan Wijaya di Tual, Rabu.

Ia memastikan aliran listrik akan berjalan seperti biasa selama bulan puasa hingga Idul Fitri, meskipun ada masalah dengan mesin yang dimiliki PLN Tual.

Menurut Topan, saat ini PLN Tual memiliki daya 9 Mega Watt (MW), berada di atas beban puncak yang sebesar 8,6 MW.

"Jadi kita masih surplus, masyarakat Kota Tual maupun Maluku Tenggara dan pulau-pulau terluar tidak perlu khawatir, sedapatnya PLN akan berupaya agar tidak ada pemadaman," katanya.

Apalagi, lanjutnya, dalam waktu dekat akan ada penambahan mesin dengan kekuatan 4 MW di Langgur, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara, dan 10 MW di Kecamatan Dullah, Kota Tual.

"Untuk wilayah pulau-pulau Kei Besar, Kabupaten Malra dan Tayando serta Kur, Kota Tual, masalah yang dihadapi juga sama yakni kendala mesin, namun kondisi jaringan saat ini normal dan pemenuhan listrik dapat terpenuhi," kata Topan.

Ia menambahkan, satu bulan terakhir ini sudah tidak ada lagi pemadaman, dan PLN menjamin selama Ramadhan hingga Idul Fitri tidak akan ada pemadaman.

"Kalau terjadi maka itu merupakan gangguan eksternal yang kerap terjadi, seperti gangguan akibat hewan liar, dan tumbangnya pohon," katanya.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017