Ambon, 29/5 (Antara Maluku) - Panitia Tour de Molvccas (TdM) menyatakan, sejauh ini baru tujuh orang yang mendaftarkan diri sebagai peserta lomba cipta lagu terkait penyelenggaraan kegiatan balap sepeda internasional tersebut.

"Jadi batas waktu pendaftarannya diperpanjang hingga 20 Juni 2017," kata Sekretaris Umum Panitia TdM, Habiba Saimima di Ambon, Senin.

Semula, penutupan pendaftaran ditetapkan tanggal 30 April 2017, tetapi karena baru ada lima peserta maka diperpanjang.

Menurut Habiba, dari 15 formulir pendaftaran yang keluar, yang kembali hanya lima sehingga dipertimbangkan untuk memperpanjang pendaftaran hingga 27 Mei 2017.

Karena hingga batas waktu yang ditentukan hanya bertambah dua orang pendaftar, maka pendaftaran kembali diperpanjang.

"Kami pun bersepakat untuk memperpanjang lagi waktu pendaftaran karena jadwal lomba balap sepeda internasional itu pada 18 - 22 September 2017," kata Habiba, yang juga Kadis Pariwisata Maluku.

Ia mengemukakan, lomba cipta lagu merupakan bagian dari upaya memeriahkan sekaligus mempromosikan event internasional tersebut, yang lokasinya mencakup pulau Ambon dan pulau Seram.

"Kami awalnya merencanakan menunjuk pencipta lagu tertentu untuk menciptakan lagu khusus untuk TdM. Namun, setelah dipertimbangkan, maka diputuskan agar dilombakan," katanya.

Lomba juga bertujuan memotivasi partisipasi masyarakat sehingga tersosialisasi lebih optimal.

"Apalagi orang Ambon dan Maluku secara umum memiliki talenta mencipta lagu, sekaligus mencintai musik," ujarnya.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang, piagam penghargaan dan lainnya. Panitia juga sedang mempertimbangkan memberikan hadiah hiburan bagi seluruh peserta lomba.

Peserta lomba terbuka untuk umum dan diprioritaskan bagi warga Maluku, baik berada di daerah ini maupun luar daerah.

Materi lagunya diharapkan bernuansa etnik (khas Maluku), enak didengar (easy listening), riang, agak cepat dan hidup (allegro), berirama pop dan boleh dimodifikasi dengan variasi irama lainnya.

Thema lagu diharapkan mengandung ajakan, pujian dan ungkapan rasa bangga atas penyelenggaraan TdM sebagai salah satu kegiatan olahraga berbasis pariwisata.

"Materi themanya juga bisa dimulai dengan ungkapan pujian dan rasa bangga terhadap kekayaan dan keindahan alam Maluku yang memiliki objek wisata unggulan dan sesuai tagline TdM 2017 yakni Hidden Paradise Awaits You," kata Habiba.

Pendaftaran bebas biaya, peserta perseorangan atau kelompok dan hanya boleh mengirimkan satu karya asli (tidak jiplak) dan belum pernah dilombakan, durasi 2 - 3 menit serta tidak mengandung SARA, pornografi dan diskriminatif.

Karya dalam bahasa Indonesia dipadukan dengan bahasa daerah Maluku (Ambon) dan boleh dicampur bahasa Inggris, materi lagu yang diciptakan harap dinyanyikan dan diiringi alat musik sesuai kebutuhan lagu, selanjutnya direkam dalam bentuk audio.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017