Ambon, 16/6 (Antara Maluku) - Sedikitnya empat kandidat bakal calon (Balon) Gubernur - Wakil Gubernur telah mendatangani Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk mengambil formulir pendaftaran untuk mengikuti Pilkada setempat pada 27 Juni 2018.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW Nasdem Maluku, Azis Lattar, di Ambon, Jumat, membenarkan tiga kandidat mengambil formulir sebagai Balon Gubernur, sedangkan satu lainnya sebagai Wakil Gubernur.

Tiga balon yang akan mencalonkan diri sebagai Balon Gubernur yakni Bupati Maluku Barat Daya (MBD) dua periode, Barnabas N. Orno, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Maluku, Zidik Sangadji dan Johosua Max Yoltuwu (Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan, Kementerian Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi).

Sedangkan satu-satunya Balon Wakil Gubernur yang telah mengambil formulir yakni Mozes Rudy Timisela yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Papua Barat.

"Johosua Max Yoltuwu dan Mozes Rudy Timisela datang sendiri hari ini (Jumat) untuk mengambil formulir pendaftaran. Keduanya juga telah menyampaikan visi dan misi singkat, riwayat hidup, geo politik, kesiapan serta analisa dan strategi pemenangan, serta sumber daya yang dimiliki untuk maju bertarung pada pilkada Maluku," katanya.

Selain itu, para kandidat juga diwajibkan memasukan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei yang terpercaya dan memiliki kredibilitas, sehingga bisa diukur tingkat kesukaan dan popularitas mereka di masyarakat.

Partai politik (Parpol) pimpinan Surya Paloh tersebut masih memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Maluku untuk datang sendiri mengambil formulir pendaftaran hingga akhir Juni, sedangkan pengembalian berkas sekaligus mendaftarkan diri secara resmi berakhir pada 20 Juli 2017.

Dia bereayakinan akan banyak kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan mendaftarkan diri di partai yang memiliki empat kursi di DPRD Maluku tersebut, karena tidak dipungut "mahar", maupun biaya survei.

"Semua biaya yang dibutuhkan pada proses penjaringan dan penyaringan Balon Gubernur - Wakil Gubernur maupun Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tua, serta Bupati - Wakil Bupati Maluku Tenggara ditanggung oleh DPP partai Nasdem, jadi tidak ada mahar dalam bentuk apapun," tandas Azis.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017