Ambon, 22/6 (Antara Maluku) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Maluku melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada para supir angkutan kota (Angkot).

Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, yang mengerahkan dua tenaga dokter dan perawat, kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Pieter Saimima.

"Puluhan supir angkot dari sejumlah trayek di Ambon diperiksa untuk memastikan kondisi kesehatan mereka terutama menghadapi hari raya, pemeriksaan kesehatan di pusatkan di kawasan pasar higienis Tantui," katanya.

Menurut dia, selain kelaikan kendaraan, pengendara juga harus sehat demi meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk mengecek kondisi fisik para pengendara, terutama tekanan darah.

"Jika dalam pemeriksaan kesehatan ini tim dokter menemukan ada supir yang sakit tentu akan direkomendasikan untuk menjalani perawatan dan diminta tidak mengendarai kendaraan," ujarnya.

Sebelumnya, Dishub Ambon dan Ditlantas Polda Maluku melaksanakan uji kelayakan kendaraan baik angkutan umum maupun barang jelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Seluruh kendaraan yang beroperasi di wilayah kota Ambon harus berada dalam keadaan yang baik,demikian juga dengan kondisi kesehatan para sopir agar selalu siap beroperasi mengangkut penumpang saat hari raya," kata Pieter.

Pengecekan yang dilakukan mencakup kelengkapan surat-surat dan fisik kendaraan.

"Kita mengecek mulai dari fisik kendaraan seperti rem, lampu, emisi karbon, dan kelengkapan surat-surat kendaraan seperti uji ker, ijin operasi dan ijin angkut," ujarnya.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan terutama menjelang hari-hari besar keagamaan dan hari nasional," tambahnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017