Ternate, 2/7 (Antara Maluku) - Ratusan warga di Ternate, Maluku Utara, sejak Minggu pagi memenuhi pantai Sulamadaha dan Jikomalamo untuk menikmati suasana libur panjang perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah.

" Saya pada H+7 lebaran Idul Fitri, mengajak seluruh keluarga untuk mengunjungi objek wisata pantai Sulamadaha," kata salah seorang warga Ternate, Rasima Nur saat ditemui di pantai Sulamadaha, Minggu.

Seiring berakhirnya masa libur panjang Idul Fitri ini, sebagian warga memilih menikmati objek wisata pantai sejak pagi hari sambil menikmati terbitnya matahari di pantai Sulamadaha.

Dia menyatakan, pilihannya untuk menikmati akhir liburan liburan Idul Fitri di pantai Sulamadaha karena memiliki pesona indah dan disediakan berbagai menu seperti kelapa muda dan pisang goreng yang dapat dinikmati setelah berenang.

Terlihat sejumlah petugas di objek wisata itu telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi membanjirnya pengunjung di sana, khususnya kemungkinan terjadi musibah saat pengunjung mandi di pantai.

Objek wisata lainnya di Ternate yang juga banyak dikunjungi warga adalah pantai Jikomalamo dan Bobane Ici yang menyediakan kolam renang khusus bagi anak-anak dan orang dewasa.

Selain itu, para pengunjung juga menikmati tempat hiburan Watterboom di kawasan Benteng Kalamata dan pantai Falajawa.

Sementara itu, sejumlah pengelola mengakui, pihaknya menyediakan berbagai fasilitas bagi para pengunjung yang ingin menikmati liburan dengan memberikan kenyamanan bagi warga yang berkunjung ke objek wisata.

Sebelumnya, Kepala Basarnas Ternate, Mustari, menyatakan personel disiagakan di berbagai objek wisata untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

"Momentum libur panjang ini kunjungan wisatawan meningkat untuk menikmati pesona wisata pantai, sehingga harus ada pengawasan ekstra guna meminimalisir terjadinya kecelakaan di perairan," katanya.

Karena itu, pengelola tempat wisata pantai seperti pantai Jikomalamo, pantai Sulamadaha dan Watterboom diimbau agar meningkatkan pengawasan, terutama bagi pengunjung anak-anak yang menikmati liburan di kawasan wisata tersebut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017