Ternate, 3/7 (Antara Maluku) - Hari pertama masuk kerja pascalibur lebaran Idul Fitri di Pemkot Ternate, Maluku Utara (Malut), Senin, ditandai dengan adanya ketidak hadiran sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kegiatan apel perdana di kantor wali kota Ternate.

Sekkot Ternate M Tauhid Soleman ketika dihubunngi menjelaskan, pihaknya tengah merekap kehadiran ASN yang mengikuti apel perdana masuk kantor pascalebaran Idul Fitri untuk memastikan siapa yang tidak hadir dalam hari pertama masuk kantor.

"Kami akan menyiapkan sanksi berat bagi PNS yang membolos kerja pada hari pertama masuk setelah cuti bersama dan peringatkan PNS di lingkungan pemkot supaya tidak bolos," katanya.

Untuk itu, dia meminta seluruh PNS jangan sampai dengan adanya libur panjang Idul Fitri ini membuat kedisiplinan PNS di hari pertama kerja nanti tidak terjaga, karena cukup lama mendapatkan libur bersama keluarga, jangan terlena.

"Saya akan beri sanksi tegas bagi PNS yang pada hari pertama usai Idul Fitri hari ini tidak masuk tanpa keterangan," kata Tauhid.

Panjangnya libur Lebaran yang ditambah cuti bersama yang hampir sepekan, mulai 23-30 Juni 2017, membuat Tauhid tidak akan memberikan toleransi bagi PNS yang tidak masuk tanpa keterangan alias membolos dan akan berikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku dan tingkat pelanggaran yang bersangkutan.

Tauhid mengingatkan sesuai surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Pemkot Ternate tidak memberikan cuti sebelum dan setelah cuti lebaran.

"Bagi PNS yang tidak masuk pada hari kerja pertama pada tanggal 3 Juli akan dikenakan sesuai PP 53 tahun 2010. Sanksinya penundaan kenaikan pangkat berkala hingga satu periode," tegasnya.

Dia menyatakan, Pemkot Ternate telah mengatur ketentuan hari kerja dalam menyambut Idul Fitri yang sudah libur sejak 23 Juni kemudian dilanjutkan libur nasional Idul Fitri pada 25-26 Juni 2017 dan dilanjutkan cuti bersama pada 27-30 Juni.

"Apel bersama yang dipimpin langsung Walikota Burhan Abdurahman dan kalau soal inspeksi mendadak saya belum tahu apakah ada atau tidak, tapi nanti dilihat yang jelasnya diawali dengan apel bersama," ujarnya.

Pemkot Ternate seusai apel bersama seluruh PNS di lingkup Pemkot Ternate diakhiri dengan acara Halal bi Halal antara Wali Kota Ternate dan seluruh PNS dengan melakukan jabat tangan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017